Wah, Kota Cepu Punya 5 Motif Batik Baru

0
3211
(Foto : infoblora.com)

Bello.id – Mei mendatang, keluarga besar Keraton Djipang di Desa Djipang, Cepu, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, akan meresmikan 5 motif batik khas Cepu.

Lima motif batik khas Cepu tersebut adalah batik motif gagak rimang kyai seton kober, batik soreng-soreng, batik mawar djipang kelopak 9, batik tebu ireng, dan batik sri rejeki (batik ceplok mawar sri rejeki).

Batik gagak rimang menggambarkan kuda hitam yang diberi gagak rimang oleh Pangeran Ario Penangsang untuk dijadikan kuda kesayangannya.

Selain itu, gambar juga dilengkapi dengan senjata ampuh Kyai Seton Kober dan Kyai Djipang. Motif ini pun dilengkapi dengan untaian kembang telon.

Motif batik soreng-soreng menggambarkan prajurit yang tangguh dan gagah berani sebagai prajurit Pangeran Ario Penansang. Motifnya digambarkan dengan tameng dan tombak.

Sementara itu, warna-warna cerah tertuang dalam motif batik mawar djipang kelopak 9 yang menggambarkan wali 9 dalam menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa.

Motif lainnya, yaitu tebu ireng, memiliki motif geometris yang menggambarkan Desa Tebon sebagai pintu masuk Kota Cepu.

Motif tebu ireng digambarkan sebagai penolak bala atau penolak kejahatan. Sementara motif batik sri rejeki yang digambarkan dengan padi melambangkan kemakmuran.

Maksud dan tujuan Keraton Djipang meresmikan 5 motif batik ini adalah untuk memasyarakatkan budaya seni membatik dalam melestarikan nilai seni dan budaya daerah.

Hal ini juga demi menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan taraf hidup mereka dengan membatik, serta memberikan keterampilan membatik bagi masyarakat Cepu khususnya generasi muda.

Untuk memperoleh batik khas Cepu maka dapat mengunjungi sentra batik di empat kawasan yang terkenal, yaitu Kelurahan Ngelo, Kelurahan Balun, dan Desa Kentong.

Keraton Djipang adalah sebuah lembaga adat yang terbentuk untuk melestarikan Kerajaan Djipang beserta budayanya yang memiliki sejarah di kota ini.

Kerajaan Djipang berpusat di Desa Djipang, Cepu, Jawa Tengah. Wilayahnya meliputi Blora, Pati, Bojonegoro dengan rajanya yang sangat dikenal yaitu Pangeran Arya Penangsang.

Cepu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah.

Letaknya berbatasan dengan provinsi Jawa Timur, dan dilewati jalan yang menghubungkan Surabaya – Purwodadi – Semarang. Cepu merupakan salah satu kota penting karena kandungan minyak dan hutan jatinya.

Sumber : indonesia.travel