Pulau Untung Jawa, Alternatif Wisata Laut di Pesisir Jakarta

0
2220
Pulau Untung Jawa (Foto : TangerangNews.com)

Bello.idWarga Jakarta dan sekitarnya cukup beruntung karena tak sulit menemukan wisata laut. Objek wisata yang menjadi incaran tak lain adalah Kepulauan Seribu.

Saat akhir pekan, pulau-pulau di gugusan Kepulauan Seribu tak pernah sepi wisatawan. Salah satunya adalah Pulau Untung Jawa. Karena letaknya yang cukup dekat, tak heran kalau Pulau Untung Jawa menjadi alternatif yang tepat bagi kamu yang hanya punya waktu singkat menikmati akhir pekan.

Bagi kamu yang tertarik berlibur ke pulau ini, terdapat beberapa alternatif jalur yang bisa dilalui, yaitu melalui Muara Angke dan Tanjung Pasir di Kabupaten Tangerang.

Dari Muara Angke, Pulau Untung Jawa dapat ditempuh dalam waktu 40 menit dengan kapal kayu. Jadwal keberangkatan setiap pagi pukul 07.00 dengan biaya berkisar antara Rp35 ribu hingga Rp50 ribu.

Jika dari Tangerang, kamu bisa menyeberang dari pelabuhan kecil di Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang. Tanjung 29 km ke tara dari Kota Tangerang. Untuk sampai ke Tanjung Pasir, dari arah Jakarta kamu bisa melalui jalan tol Bandara menuju jalan Marsekal Surya Darma atau Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

Dari sana, lanjutkan perjalananmu menuju Kampung Melayu, kemudian masuk ke jalan Raya Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang. Panjang jalan Raya Tanjung Pasir sekitar 6 km, pengunjung dapat menikmati hamparan sawah, mulai dari pertigaan Kampung Melayu.

Sebelum memasuki pintu gerbang Tanjung Pasir, kamu bisa menikmati Taman Penangkaran Buaya. Koleksi buaya di Taman Buaya Tanjung Pasir ini mencapai 500 ekor lebih lho. Dari yang masih kecil hingga yang berusia 40 tahunan. Beberapa bahkan ada yang usianya mencapai 70 tahun lebih.

Dari Tanjung Pasir, perjalanan menuju Pulau Untung Jawa dapat ditempuh dalam waktu 15—20 menit saja. Lokasi ini memang menjadi lokasi terdekat untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa, dibandingkan dengan menyeberang melalui Muara Angke.

Dari kejauhan kamu akan segera terpukau dengan hamparan pasir putih serta laut yang kebiruan di sekitar sana. Ombak di sana juga relatif tenang sehingga aman bagi kamu yang ingin berlibur sambil membawa keluarga.

Jika ingin menginap, ada banyak homestay yang tersedia di Pulau Untung Jawa. Fasilitas wisata lainnya di pulau ini pun relatif lengkap. Kamu bisa menyewa peralatan renang, banana boat, hingga jetski.

Tertarik liburan ke Pulau Untung Jawa?

Baca Juga

Liburan Rame-rame ke Pulau Harapan

Tips Aman Saat Snorkeling