Melihat Keunikan Budaya Gorontalo di Festival Kerawo 2016

0
1350
(Foto : kainkrawang.blogspot.com)

Bello.id – Setiap daerah memiliki kerajinan kain dengan ciri khasnya masing-masing. Di Gorontalo ada kain kerawang atau kerawo, kamu bisa melihat ragamnya pada Festival Budaya Karawo 2016 yang diselenggarakan di Lapangan Taruna Remaja, Gorontalo, pada 9-13 Oktober 2016.

Festival Karawo diselenggarakan untuk memperkenalkan sulam khas Gorontalo ini ke seluruh dunia.

Acara ini tidak hanya dimeriahkan dengan pameran kain karawo, namun juga acara fesyen yang mendatangkan desainer-desainer berpengalaman, salah satunya Yurita Puji yang sudah banyak menggarap kain-kain Indonesia.

Selain itu, diadakan juga lomba untuk para desainer yaitu lomba merancang busana Muslim, gaun pesta, pakaian kasual dan pakaian kantoran, guna mengajak para desainer muda untuk berekreasi.

Di luar kegiatan di atas, kamu juga dapat menikmati sejumlah kegiatan lain seperti family song karawo, festival band, fashion brand, desain karawo ada lomba fotografi karawo.

Peyelenggaraan Festival Karawo bertepatan dengan kegiatan IMEU (Indonesia Midle East Update), yaitu pertemuan saudagar, pengusaha, kedutaan Timur Tengah di Indonesia.

Oleh sebab itu, Gorontalo sebagai tuan rumah IMEU akan memanfaatkan momen ini sebaik mungkin dengan melakukan kerja sama bersama Kementerian Luar Negeri.

Fahmi menambahkan bahwa persiapan tersebut sudah matang. Pihaknya telah menyiapkan atraksi-atraksi tertentu untuk menyambut para tamu. Wanita-wanita Gorontalo sangat bangga akan kain kerawo, yang dibuat dengan bersusah payah dan sangat teliti.

Ketika daerah-daerah lain mengikuti tren dengan memproduksi batik ataupun tenun, tidak demikian dengan Gorontalo. Daerah ini tetap setia memperkenalkan kain sulam sederhana kerawo yang sarat akan makna.

Sumber : pesonaindonesia.travel