Yuk, Icip Kuliner Khas Belitung

0
1451

Bello.id – Liburan ke Belitung belum lengkap kalau belum menikmati kulinernya yang khas. Jika di daerah lain kamu bisa menemukan makanan khas seperti gudeg, rendang, bebek betutu, dan coto makassar, di Belitung kamu bisa menemukan gangan.

Gangan merupakan kuliner khas Belitung berupa sup ikan bercita rasa asam-pedas. Sekilas, penampilan gangan mirip dengan gulai yang umumnya menggunakan santan. Namun tidak seperti gulai, gangan tidak menggunakan santan.

Cita rasa istimewa gangan berasal dari kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, sereh, kemiri, asam, daun salam serta potongan buah nanas yang menambah cita rasa segar pada kuliner ini.

Gangan dapat banyak ditemukan di rumah-rumah makan khas Belitung. Mencoba gangan sambil menikmati keindahan laut Belitung bisa menambah momen liburan serumu.

mie-atep-300x199

Selain gangan, kita juga dapat menikmati “Mie Atep Belitung”. Mie atep sudah sangat populer di kalangan warga setempat serta wisatawan. Mie ini terbuat dari mei kuning, yang ditambahkan udang, tauge, emping, kentang serta kuah kental yang berasal dari air rebusan udang. Rasanya? Sedikit manis, tapi juga gurih. Hmm..

kopi-manggar-300x199

Makanan sudah, sekarang giliran minumannya. Nah jika kamu mampir ke Kota Manggar, kamu dapat menemukan banyak warung kopi. Kota ini dijuluki sebagai kota 1001 warung kopi ini. Minum kopi di warung sambil bercakap-cakap memang merupakan bagian dari kebudayaan warga setempat.

Tergiur ingin mencicipi kuliner-kuliner menggoda tadi? Yuk kulineran ke Belitung bareng dalam program Food Tour. Klik di sini untuk info selengkapnya ya.