Pesona Palu Nomoni Menggemakan Kota Palu Sebagai Tujuan Wisata

0
2554

Bello.id – Kota Palu segera menggelar Pesona Palu Nomoni 2016 pada 24-26 September mendatang.

Tahun ini, judul acara “Pesona Palu Nomoni” digunakan untuk mengganti “Festival Teluk Palu” dan dimaksudkan agar nama Palu sebagai destinasi wisata lebih bergema.

Dalam festival tersebut, wisatawan akan disuguhkan 520 obor yang menyala serentak di sepanjang area 7,2 kilometer pada pembukaan acara. Bersamaan dengan itu juga diselenggarakan ritual-ritual adat.

Panggung budaya yang tersebar di sepanjang 7,2 kilometer akan menampilkan kesenian-kesenian tidak hanya berasal dari kebudayaan Palu namun juga budaya Jawa, Bali dan Manado.

Selain itu, festival ini juga akan menampilkan atraksi pertunjukan kolosal 520 lalove (seruling adat), 1.040 penabuh gimba (gendang) ritual adat budaya suku kaili, dan ajang marathon internasional.

Kota Palu sendiri merupakan salah satu kota tropis terkering di Indonesia dengan curah hujan kurang dari 1.000 mm per tahun. Kota ini memiliki julukan “Kota Lima Dimensi” karena lanskap alamnya yang lengkap meliputi lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk.

Festival ini ditargetkan diikuti 2000 peserta dari Indonesia maupun mancanegara. Kategori lomba terdiri dari Full Marathon (42.195km), Half Marathon (21.097km) dengan usia minimum peserta adah 18 tahun. 21,1K, 10K dan 5K.

Nantinya lokasi start akan dimulai dari Kantor Walikota Palu dan garis finishnya di Anjungan Teluk Palu Pantai Talis

Para pelari akan menikmati keindahan Kota Palu, serta melintasi bibir pantai sejauh 7 kilometer sampai garis finish sambil menikmati pertunjukan kesenian daerah Palu yang suhunya berkisar antara 28-34 derajat celcius.

Pendaftaran lomba ini dibuka pada 21 Juni 2016 dan ditutup 25 Agustus 2016 (23:59 WIB) atau jika seluruh slot publik telah penuh. Informasi dan keterangan silakan dilihat di laman www.palunomonimarathon.com.

Sumber : pesona.indonesia.travel