Pesona Dua Pantai Pink di NTB dan NTT

0
2464
Pantai Pink di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (Ivoha/Shutterstock)

Bello.id – Jika umumnya pasir di pantai berwarna putih atau abu kehitaman, tidak demikian halnya dengan pasir yang ada di dua pantai ini.

Adalah Pantai Tangsi di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Pantai Pink di Flores, Nusa Tenggara Timur yang memesona karena pasir pantainya yang berwarna pink. Kamu boleh bangga, karena dari sembilan pantai berpasir pink yang ada di dunia, dua di antaranya berada di Indonesia.

Warna pink atau merah muda yang ada di dua pantai tersebut akan sangat terlihat jika terkena air laut. Semburat warna pink tersebut terlihat paling jelas di bibir pantai, yang paling banyak terkena air laut dan terpapar sinar matahari.

Beberapa sumber menjelaskan bahwa warna pink ini berasal dari hewan mikroskopik yang bercampur dengan air laut. Ada pula yang menjelaskan bahwa butiran pink tersebut berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati yang kabarnya memang banyak ditemukan di sekitar kedua pantai tersebut.

Sama seperti di Flores, di Lombok Pantai Tangsi lebih sering disebut sebagai Pantai Pink. Untuk mencapai pantai tersebut, travelers menaiki perahu dari pelabuhan nelayan Tanjung Luar. Sebelum sampai di Pantai Pink, travelers dapat menjumpai spot-spot menarik seperti Pulau Pasir, Gili Petelu, dan Pantai Sabui.

Pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi, sehingga wisatawan dapat menikmati panorama alam dari atas tebing. Selain pasirnya yang berwarna pink, kekayaan bawah laut pantai ini juga sangat menawan. Tak perlu menyelam terlalu jauh, karena hanya dengan bersnorkeling anda sudah dapat menikmati keindahan berbagai biota laut di pantai ini.

Sementara itu, untuk mencapai Pantai Pink di Flores, travelers dapat berangkat dengan menyeberang dari Labuan Bajo menuju Taman Nasional Komodo, dilanjutkan dengan menyeberang dalam waktu 30 menit dengan kapal dari dermaga di Loh Liang.

Selain karena warna pasirnya yang unik, keindahan biota lautnya mudah dinikmati tanpa harus menyelam. Cukup dengan ber-snorkeling di sekitar pantai, kamu sudah dapat melihat keindahan terumbu karang dan ikan warna-warni yang cantik.