Mudik ke Tasikmalaya, Sambangi 6 Objek Wisata Alam Ini

0
3149
Wisata di Gunung Galunggung (Foto : indonesiawisata.info)

Bello.id – Kamu berencana mudik ke Tasikmalaya?

Tradisi Sunda yang sangat kental dan alamnya yang indah, membuat kota berjulukan Sang Mutiara dari Priangan Timur ini menyenangkan untuk dikunjungi.

Hal menarik seperti pembuatan payung geulis kelom geulis, dan sandal tradisional khas Tasik juga bisa membuat liburanmu semakin menarik.

  1. Pantai Sindangkerta
Pantai Sindangkerta (Foto : kisatasik.blogspot.com)
Pantai Sindangkerta (Foto : kisatasik.blogspot.com)

Tasikmalaya diketahui termasuk kaya akan tempat wisata alam, dan oleh karena itulah Pantai Sindang Kerta adalah destinasi yang tidak akan mengecewakan untuk dikunjungi bersama teman-teman dan keluarga ketika berkunjung ke Tasikmalaya.

Tempat ini begitu disukai oleh banyak wisatawan sebab menjadi lokasi ini dikenal juga sebagai tempat penangkaran penyu yang sudah amat langka. Maka selain berkunjung untuk jalan-jalan dan refreshing, para pengunjung akan dapat melihat sendiri pembudidayaan penyu di tempat ini.

Jadi, ketika datang ke tempat ini, maka secara otomatis pengunjung akan menambah sedikit wawasan tentang pembudidayaan penyu yang dilakukan supaya habitat penyu terus berlangsung.

Budidaya dilakukan karena memang habitat penyu, khususnya yang ada di daerah ini sudah mulai punah.

2. Pemandian Air Panas Ciawi

(Foto : id.finspi.com)
(Foto : id.finspi.com)

Di Tasikmalaya, ada sebuah pemandian air panas yang wajib untuk didatangi, yaitu Pemandian Air Panas Ciawi yang bisa menjadi tempat relaksasi paling oke.

Bila dari Bandung, cobalah untuk mengambil arah Ciawi dari pertigaan Nagreg dan dalam perjalanan nanti akan menemukan lokasi pemandian satu ini. Tersedia dua kolam untuk mandi, yaitu air panas dan air dingin sesuai dengan kebutuhan pengunjung.

Kedua kolam tersebut disediakan di setiap bilik kamar mandi sehingga kamu bisa memilih secara bebas kolam mana yang ingin digunakan.

3. Kampung Naga

(Foto : ranggayudhika.wordpress.com)
(Foto : ranggayudhika.wordpress.com)

Mungkin banyak dari kamu yang penasaran dan heran mengapa sebuah kampung menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk disambangi.

Kampung Naga juga dikenal sebagai kampung adat yang artinya bahwa warga penghuni kampung ini masih sangat memegang teguh segala adat istiadat dan tradisi yang diturunkan oleh leluhur mereka.

Para wisatawan perlu waspada ketika datang berkunjung ke sebuah wilayah yang adat istiadatnya masih sangat kental dan perlu menjaga sikap sebaik mungkin.

Keunikan pada Kampung Naga yang tersurat adalah bangunannya yang semuanya menghadap ke arah yang sama, bahkan dari segi ukuran dan desain bangunan rumah pun hampir semuanya mirip satu dengan yang lain.

Beberapa orang pengunjung mungkin bertanya-tanya apakah di Kampung Naga ini benar-benar ada seekor naga yang tersembunyi. Pada kenyataannya, walau ada kata naga tapi bukan berarti kampung ini memiliki naga.

Kampung ini disebut sebagai Kampung Naga karena memang lokasinya ada di dalam hutan yang juga dianggap sebagai sebuah pagar alam. Kerennya lagi, wisatawan akan menemukan bahwa bangunan di kampung ini semuanya dibuat dengan bahan dari non-pabrik.

Di tempat ini pun tidak menggunakan listrik, namun beberapa warga diketahui ada yang sudah memakai listrik, itupun aki atau baterai saja.

Untuk menjangkau tempat ini tidaklah susah karena tepat berada di tepi jalan utama Tasik Garut sehingga kamu tidak akan sampai kesasar atau bahkan harus mencarinya dalam waktu yang lama.

4. Air Terjun Ciparay

(Foto : bolehtanya.com)
(Foto : bolehtanya.com)

Wisata alam yang tidak boleh dilewatkan ketika ada di Tasikmalaya lainnya adalah Air Terjun Ciparay yang mempunyai begitu banyak pesona keindahan yang tidak akan membuat pengunjung merasa bosan.

Berada di belakang kawah Gunung Galunggung, lokasi air terjun ini diketahui ada di kaki Gunung Galunggung dan memiliki daya tarik yang tidak ada habisnya.

Keindahan air terjunnya sendiri adalah hal yang begitu memesona. Bahkan aktivitas mandi juga bisa dilakukan oleh para wisatawan di sini.

Hanya saja, pengunjung memang harus banyak bersabar dan terus bersemangat dalam menjangkau lokasi ini karena akses masih terbilang sulit.

Kesulitan terjadi disebabkan oleh adanya jalan yang sudah rusak serta rambu-rambu jalan sebagai petunjuk yang masih kurang.

5. Gunung Galunggung

Wisata di Gunung Galunggung (Foto : indonesiawisata.info)
Wisata di Gunung Galunggung (Foto : indonesiawisata.info)

Pemandian air panas serta kawah di Gunung Galunggung merupakan yang terfavorit dan tidak dapat dipungkiri bahwa tempat wisata ini begitu terkenal di Tasikmalaya.

Termasuk di dalam kategori gunung berapi, gunung ini dikenal sebagai obyek wisata yang menyuguhkan berbagai pemandangan cantik dan fasilitas liburan seru setelah tahun 1982.

Saat berkunjung ke tempat ini, tersedia bak pemandian air panas, kolam rendam, kolam renang, dan danau yang akan menambah kesegaran setiap pengunjung yang datang.

Ada tiga pilihan akses untuk bisa sampai ke Gunung Galunggung. Pertama adalah apabila dari pusat kota, kamu bisa menuju ke Sukaratu dari Indihiang. Kedua, akses bisa dimulai dari perempatan pesantren Cipasung yang kemudian dilanjutkan dengan berbelok ke sebelah kanan.

Ketiga, kamu bisa menuju ke gunung ini dari Cisayong. Alasan mengapa tiga akses inilah yang ditawarkan adalah sebab medan yang paling baik ada pada ketiga jalur tersebut. Jalur Singaparna memang terbuka, namun bersiaplah menemukan jalanan yang becek dan berlumpur, terutama saat musim hujan tiba.

6. Pantai Selatan Cipatujah

(Foto : jabarprov.go.id)
(Foto : jabarprov.go.id)

Terletak di Kabupaten Tasikmalaya, pantai ini begitu indah sehingga mengundang ketertarikan para wisatawan untuk datang berkali-kali ke tempat ini. Demi dapat sampai ke kawasan pantai selatan ini, para wisatawan perlu melalui Kawalu, Sukarata, kemudian disambung menuju Cibalong dan Karang Nunggal.

Keasrian dan panorama dari pantai ini sangat menenangkan hati sehingga tidak salah untuk datang ke lokasi wisata satu ini. Memang pantai ini di bagian pinggirnya dikelilingi oleh tebing-tebing yang tampak curam, namun keindahannya tak terbantahkan.

Fasilitas yang dapat ditemukan di sekitar pantai cukup banyak dan menyenangkan, seperti misalnya tempat parkir yang memadai, pondok wisata, penginapan, panggung hiburan, gazebo, balawisata, kios wisata, serta berbagai warung makan yang akan memuaskan hasrat kuliner para pengunjung.

Bagi para wisatawan yang ingin sekalian ke Sindang Kerta atau sebaliknya dari Sindang Kerta ke pantai ini, lokasi keduanya cukup dekat sehingga bisa bereksplorasi sepuasnya.

Didirikan pada tahun 2008, lokasi wisata taman bermain air ini dibangun dengan tujuan utama sebagai tempat wisata keluarga. Waterboom yang dibuka pada bulan Agustus ini rupanya menawarkan sejumlah wahana yang cukup banyak dan bervariasi untuk dinikmati bersama dengan keluarga.

Liburan ke Tasikmalaya bersama dengan anak-anak tentu akan sangat disarankan untuk mampir ke tempat ini, sebab di sinilah pengunjung bisa puas bermain bola gelo, flying fox, waterboom, dan kolam renang dengan keseruan maksimal.

Selain itu, tersedia juga becak mini yang bisa digunakan untuk mengelilingi kawasan waterboom ini. Para orang dewasa pun bisa mencoba pelayanan fish spa atau terapi ikan.

Waterboom ini juga dikenal menyediakan saung yang bisa disambangi untuk beristirahat sejenak. Bahkan bagi wisatawan yang suka berwisata kuliner bisa menemukan segala kuliner yang sangat layak untuk dicoba.

Sumber : pesona.indonesia.travel