Inilah Tempat Wisata Saat Mudik di Sukabumi

0
1729
Pantai Ujung Genteng (Foto : indonesia.travel)

Bello.id – Meski merupakan salah satu kota kabupaten terkecil di Jawa Barat, Sukabumi menyimpan banyak daya tarik wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Sukabumi terletak sekira 120 km sebelah selatan Jakarta dan 96 km sebelah barat Bandung. Udaranya sejuk bisa membuat kamu betah berlama-lama.

Ada banyak wisata alam yang bisa kamu temui di Sukabumi. Ini pilihannya.

1. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar merupakan perkampungan sudah ada sekitar sekita 650 tahun dan tetap mempertahankan adat turun temurun. Berkunjung ke Kampung Ciptagelar akan menjadi sebuah pengalaman yang unik untuk mengisi liburanmu.

Lokasi: Desa Ciptagelar, Kecamatan Cisolok, Sukabumi.

2. Situs Tugu Gede Cengkuk

Sejumlah temuan di kawasan ini menguatkan para ahli sejarah bahwa Cengkuk pernah menjadi pusat kebudayaan zaman megalitik hingga zaman logam.

Lokasi: Desa Cengkuk, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

3. Goa Buniayu

Selama perjalanan dalam goa, kamu akan dapat menikmati pemandangan yang tidak dapat kamu jumpai di permukaan bumi, sehingga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Lokasi: Cipinang, Kerta Angsana, Nyalindung, Sukabumi.

4. Kawah Ratu

Taman Rekreasi Selabintana yang berlokasi di kaki Gunung Pangrango adalah sebuah tempat wisata di Sukabumi yang menawarkan suasana hijau pegunungan, dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang wisata.

Lokasi: Sundajaya Girang, Sukabumi.

5. Curug Awang

Curug Awang adalah salah satu curug dari aliran Sungai Ciletuh. Bila datang ke sini kamu akan sangat beruntung, karena selain Curug ini, ada 2 curug lain yaitu curug Puncak Manik dan curug Tengah yang berada satu aliran Sungai Ciletuh.

Lokasi: Desa Taman Jaya, Sukabumi.

6. Curug Cikaso

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan.

Lokasi: Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade.

7. Danau Batu Bacan

Meski bernama Danau Batu Bacan, kamu tidak akan menemukan batu akik di sini. Disebut begitu arena air yang berada di danau ini berwarna kehijauan layaknya batu bacan.

Lokasi: Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi.

8. Kawah Ratu

Kawah Ratu adalah tempat favorit para pecinta alam karena untuk dapat mencapai Kawah Ratu, anda harus menempuh perjalanan mendaki melewati jalan setapak selama kurang lebih 3 jam.

Lokasi:   Jalan Pasir Reungit, Kawasan Gunung Salak Endah.

9. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng adalah sebuah pantai indah yang juga memiliki penangkaran penyu hijau. Pantai Ujung Genteng menawarkan keharmonisan dengan alam yang sayang jika dilewatkan.

Lokasi: Kecamatan Ciracap, Sukabumi.

10. Situ Gunung

Situ Gunung adalah sebuah danau yang sangat indah dan hijau. Danau ini adalah salah satu lokasi favorit para fotografer Indonesia, terbukti dengan banyaknya jumlah gambar Danau Situ Gunung yang beredar.

Lokasi: Jl. Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur.

Sumber : pesona.indonesia.travel