Ini Dia 8 Oleh-oleh Khas Bangka yang Bisa Kamu Bawa Pulang

0
4298
(Foto : tokojajanfatimah.wordpress.com)

Bello.id – Senang dan lelah habis liburan di Pulau Bangka, kini saatnya kamu mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang. Sebagai penghasil makanan laut, beberapa makanan ringan oleh-oleh Bangka ini berasal dari ikan dan kawan-kawannya lho.

1. Kemplang
Kemplang merupakan kerupuk yang umumnya terbuat dari ikan tenggiri. Namun, jika kamu mampir ke kawasan Belinyu yang terkenal sebagai sentra penghasil Kemplang, kamu juga dapat menjumpai kemplang yang terbuat dari cumi-cumi atau udang.

2. Kericu (keripik telor cumi)
Sesuai dengan namanya, makanan ringan ini terbuat dari olahan telur cumi-cumi. Rasanya hampir serupa dengan kerupuk, dengan bentuknya pilin panjang seukuran jari orang dewasa dan rasa yang gurih dan garing.

3. Getas
Masih serupa dengan kemplang dan kericu, makanan ringan ini terbuat dari ikan tenggiri dan tepung tapioka, dengan bentuk bulat-bulat kecil mirip kacang atom atau ada juga yang bentuknya silinder panjang. Harga per kilogramnya berkisar antara Rp60 ribu Rp 100 ribu.

4. Siput Gonggong
Panganan unik sejenis keripik ini terbuat dari siput dengan bumbu khas yang kemuudian digoreng garing hingga kecoklatan. Harga kemasan 250 gramnya bisa mencapai Rp90 ribu.

5. Belacan
Belacan merupakan terasi khas Bangka yang terbuat dari Bangka.

6. Rusip
Rusip merupakan sambal hasil fermentasi ikan selama 1 minggu. Rusip umumnya terbuat dari ikan bilis, namun ada juga rusip yang terbuat dari tuna atau makarel. Harga per botolnya berkisar antara Rp3000 sampai Rp15000.

7. Sambel lengkong
Meski namanya sambal, namun sesungguhnya makanan ini adalah abon yang terbuat dari ikan tenggiri. Jika abon sapi warnanya kecoklatan, sambel lengkong warnanya cenderung kuning keemasan. Harga 250 gram nya sekitar Rp60 ribu.

8. Lempok
Lempok merupakan dodol khas Bangka terbuat dari buah cempedak. Ketika digigit, akan terasa serat-serat yang berasal dari bahan baku utamanya, yaitu cempedak.