10 Pilihan Objek Wisata di Jepara

0
1776
Karimun Jawa (Foto : www.seriouslytravel.com)

Bello.id – Jepara terkenal sebagai kota ukir. Di sana ada banyak tempat pengerajin kayu jati dengan berbagai motif ukir diproduksi. Mulai dari furnitur, meja, kursi, lemari, pembatas ruangan, gebyok, sampai pembuat berbagai ornamen berbahan dasar kayu ukir.

Namun, tak hanya itu saja. Jepara juga masih menyimpan objek-objek wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di kota ini.

  1. Jepara Ocean Park

Wahana air ini baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada 10 April 2016 lalu. Jepara Ocean Park (J.O.P) atau disebut juga Jateng Park 1 adalah taman wisata terpadu satu-satunya di Jawa Tengah yang berdiri di atas lahan seluas 11 hektar.

Tidak hanya wahana air, tapi disini juga menyediakan wahana lainnya seperti outbond dan bahkan Movie Thater dengan teknologi 6D.

2. Taman Nasional Karimun Jawa

Taman Nasional Karimun Jawa ini terletak sekitar 83 km ke arah barat laut Kota Jepara. Kepulauan Karimun Jawa merupakan sebuah cagar alam laut yang dilindungi oleh pemerintah.

Tak kurang dari 7 pulau yang tersebar di kepulauan ini. Bisa dipastikan sebulan pun rasanya kurang untuk bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan Karimun Jawa.

3. Pulau Panjang

Keindahan alam dan panorama Pulau Panjang bisa memikat hati siapa saja yang berkunjung kesini, makanya banyak wisatawan yang betah berlama-lama di pulau ini.

Pulau ini memilki laut dangkal, pasir putih dan terumbu karang yang menawan. Dijamin kamu bakal lupa waktu setelah sampai di sini.

4. Pantai Bandengan

Jepara memang surganya wisata pantai, salah satunya adalah Pantai Bandengan atau yang juga dikenal dengan Pantai Tirto Samudro.

Pantai yang satu ini cukup terkenal di Jepara karena pantai ini kerap kali dijadikan sebagai tuan rumah festival layang-layang tingkat regional, nasional, maupun internasional.

5. Pulau Mandalika

Satu lagi wisata kepulauan yang ada di Jepara yang harus kamu kunjungi apabila berkunjung ke jepara, yaitu wisata Pulau Mandalika. Untuk dapat sampai ke pulau tersebut kamu bisa menyebrang dengan menyewa perahu nelayan dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit.

Bagi kamu yang hobi memancing, di tempat ini kamu bisa menyalurkan hobi. Spot di sini merupakan spot favorit. Ada banyak ikan yang bisa kamu dapatkan jika beruntung, seperti ikan kerapu, pari, sembilang dan kakap putih.

Di pulau ini Anda juga bisa menikmati tanaman endimik khas Pulau Mandalika yaitu Nongko Celeng, tanaman ini terbilang unik, karena buahnya tumbuh di bagian akar pohon.

6. Pantai Ombak Mati

Sesuai dengan namanya, di pantai ini memang tidak ada ombak sama sekali. Pantai ini berlokasi si desa Bondo, Kec Bangsri Jepara.

Pantai ini menyuguhkan susana pantai yang hening dan menenangkan. Bagi Anda yang tidak suka dengan keramaian ataupun kebisingin, tempat ini wajib masuk dalam daftar liburan kamu di Jepara.

7. Air Terjun Songgo Langit

Sudahnya wisata pantainya, sekarang giliran menikmati suasana alam pegunungan. Salah satunya ada Air Terjun Songgolangit. Dinamai Songgo Langit lantaran air terjun yang tinggi ini terlihat sedang menyangga langit.

Air Terjun Songgolangit menawarkan pemandangan alam yang mempesona serta udara pegunungan yang sejuk dan menyegarkan. Selain itu, di tempat wisata alam ini kita dapat menyaksikan kupu-kupu cantik warna-warni beterbangan.

8. Pertapaan Kalinyamat

Bagi kamu yang suka berpetualang mistis, silakan mengunjungi pertapaan Nyai Ratu Kalinyamat yang berlokasi di Desa Tulakan.

Tempat ini bisa dikatakan tempat paling bersejarah di Jepara, karena merupakan tempat pertapaan ratu Jepara pada zaman dahulu kala.

Saking kentalnya aroma mistis yang ada di tempat ini, pertapaan ini juga sering dijadikan sebagai lokasi syuting sejumlah program televisi.

9. Museum R. A. Kartini

Museum ini adalah salah satu destinasi sejarah yang sayang untuk kamu lewatkan. Musium ini berada di sebelah utara alun-alun Kota Jepara. Di museum ini kamu bisa menyaksikan kerangka ikan raksaa “Joko Tuo” sepanjang 16 meter dan lebar 2 meter dengan berat 6 ton.

Ikan ini ditemukan pada tahun 1989 di Karimun Jawa dalam keadaan mati, namun masih meninggalkan sisa-sisa daging.

10. Masjid Mantingan

Masjid Mantingan merupakan sebuah masjid kuno yang terletak di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Jepara. Masjid ini dibangun pada masa kasultanan Demak Bintaro berkuasa.

Masjid ini sudah melewati zaman akulturasi budaya, terlihat dari bangunannya. Didirikan dengan lantai tinggi, ditutup dengan ubin bikinan Tiongkok, begitu juga dengan undak-undakannya semua didatangkan dari Makao.

Bangunan atap dan bubungan masjid meniru gaya Tiongkok. Dinding luar dan dalam dihiasi dengan piring tembikar berwarna biru, sedangkan tempat pengimaman dan khatib dihiasi dengan aneka relief persegi bergambar margasatwa dan penari-penari yang dipahat pada batu cadas kuning tua.

Sumber : pesona.indonesia.travel