Yuk Ramaikan Festival Bau Nyale di Lombok!

0
576
(Foto : indonesia.travel)

Bello.id – Yuk kosongkan jadwalmu tanggal 15-17 Februari 2017!

Silakan hadir di Festival Pesona Bau Nyale, Mandalika, Lombok Tengah yang bakal heboh di Pantai Kuta, Seger dan Selong Belanak, NTB. Hampir setiap tahun, event ini selalu heboh dan menjadi atraksi wisata yang melegenda.

PIC Mandalika, Pokja 10 Top Destinasi untuk Mandalika Lombok, Taufan Ramhadi menjelaskan, sudah dilakukan Rapat Koordinasi perencanaan Festival Pesona Bau Nyale itu, pada hari Kamis 12 Januari 2017 lalu di Kantor Bupati Loteng.

Acara ini dihadiri oleh Kadispar Prov NTB, Kadisbudpar Loteng berikut jajaran, dan Muspida Loteng (Lombok Tengah).

Menurut Taufan Rahmadi, Bau Nyale adalah event tahunan masyarakat Sasak di Kabupaten Lombok Tengah. Banyak yang tidak ngeh dengan istilah Bau Nyale. Dalam bahasa Lombok, kata Bau artinya menangkap, sedangkan Nyale hewan sejenis cacing laut.

Hewan laut ini uniknya hanya keluar setahun sekali dan muncul di sepanjang pesisir selatan pulau Lombok tersebut. Nyale muncul sekitar hari ke 19-20 bulan kesepuluh dan kesebelas awal tahun Penanggalan Sasak. Hal ini ditandai dengan munculnya bintang Rowot.

Di kalender penanggalan Sasak, bulan ke satu dimulai pada 25 Mei dan banyaknya hari dalam satu bulan adalah 30 hari. Penentuan tanggal bau Nyale (Menangkap Cacing Nyale) ditentukan berdasarkan penanggalan Sasak tersebut sekaligus hasil dari kesepakatan para tokoh adat.

Pesta rakyat itu digelar untuk mengenang legenda Putri Mandalika, putri raja Lombok yang konon berparas cantik jelita. Karena kecantikannya itu, dia tersohor hingga negeri seberang.

Keanehan yang terjadi pada diri putri Mandalika, setiap pangeran yang datang melamar tak satupun dia tolak. Putri Mandalika tidak ingin menyakiti dan terjadi pertumpahan darah karena memperebutkan dirinya.

Sumber : Kementerian Pariwisata