Wisata Kuliner di Bukittinggi

0
3163
Jam Gadang, Landmark Kota Bukittinggi (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Kuliner asal ranah Minang selalu juara. Tersedianya beragam jenis kuliner serta cita rasanya yang khas membuat siapapun jadi ketagihan.

Bahkan, berdasarkan survei CNN tahun 2011 rendang dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia lho!

Nggak heran kan kalau restoran Minang bisa diterima dan menjamur di berbagai kota di Indonesia, bahkan dunia?

Nah, bicara tentang Minang, salah satu kota di Sumatera Barat yang terkenal dengan kulinernya yang enak adalah Bukittinggi.

Kalau kamu sedang pelesiran ke sini, nggak ada salahnya menyantap beberapa kuliner Bukittinggi yang menggoda. Ada apa saja?

  1. Nasi Kapau Uni Lis
(Foto : www.adindut.com)
(Foto : www.adindut.com)

Salah satu kuliner yang tersohor dan harus kamu coba saat sedang di Bukittinggi adalah Nasi Kapau Uni Lis.

Meski banyak warung yang menjual nasi kapau, namun Nasi Kapau Uni Lis adalah yang paling banyak direkomendasikan para travel blogger.

Terletak di Los Lambuang Pasar Ateuh, Bukittinggi, menurut sang pemilik warung Nasi Kapau Uni Lis saat ini telah berada di tangan generasi ketiga.

Saking terkenalnya, jangan sampai kamu kehabisan lauk-pauk istimewa di sini ya. Kabarnya, lauk yang paling banyak peminat dan cepat habis adalah usus tambusu dan kikil.

Namun jangan salah, ada juga lho lauk lain yang tak kalah gurih dan nikmat, seperti dendeng, rendang ayam, rendang bebek, gulai tunjang, gulai cancang, serta pangek ikan.

Setiap harinya, warung nasi kapau ini buka pukul 07.00 hingga 17.30. Hangatnya nasi kapau serta lauk pauknya yang gurih nan menggoda ini cocok kamu nikmati setelah mengunjungi objek wisata Jam Gadang. Karena letaknya yang tak begitu jauh dari sana.

2. Bubua Kampiun di Pical Ayang

(Foto : ubermoon.blogspot.co.id)
(Foto : ubermoon.blogspot.co.id)

Berjalan sedikit ke arah Ngarai Sianok, kamu akan menemukan Warung Pical Ayang.

Warung ini sudah buka pagi-pagi sekali. Salah satu menu istimewa yang disediakan di sini adalah bubua kampiun.

Bubua kampiun cocok kamu santap sebagai menu sarapan. Karena sudah terkenal, warung ini selalu ramai oleh warga sekitar dan wisatawan yang hendak mencari sarapan.

Bubur manis sebenarnya adalah bubur manis yang terdiri dari bubur lemu yang dicampur dengan candil, dan bubur kacang hijau.

Kuliner ini semakin nikmat karena disajikan dengan siraman santan dan air gula merah. Tertarik mencoba?

3. Ayam Pop Family Benteng

(Foto : kulinerbangsakoe.blogspot.com)
(Foto : kulinerbangsakoe.blogspot.com)

Sekilas ayam pop ini tak ubahnya seperti ayam pop yang ada di resto masakan Minang pada umumnya. Namun, di RM Family Benteng, kamu bisa merasakan ayam pop Bukittinggi yang sebenarnya.

Resto ini terletak tak jauh dari Benteng Fort de Kock. Saat menyantapnya, kamu akan merasakan daging ayamnya yang begitu lembut.

Rahasianya adalah pada racikan bumbunya yang telah ada turun temurun. Dalam proses memasaknya, ayam pop yang telah dipisah direbus bersama dengan bumbu yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, jeruk nipis, dan daun salam.

Kenikmatan kuliner Bukittinggi ini semakin gurih setelah dicampurkan dengan air kelapa.

Ayam pop Family Benteng cocok kamu nikmati siang hari, bersama nasi hangat dan sambal yang menggoda.

4. Gulai Itiak Lado Mudodi RM Ngarai

(Foto : kulinerbangsakoe.blogspot.co.id)
(Foto : kulinerbangsakoe.blogspot.co.id)

Satu lagi kuliner Bukittinggi yang tak boleh kamu lewatkan adalah Gulai Itiak Lado Mudo. Kuliner ini bisa kamu temukan di sisi jalan dekat Ngarai Sianok.

Gulai Itiak Lado Mudo merupakan kuliner bebek muda yang dilumuri bumbu cabai hijau. Saking banyak cabainya, kamu akan sontak kepedasan saat menyantap kuliner ini.

Kuliner ini memang cocok sekali buat kamu penyuka makanan pedas. Bumbunya yang begitu meresap, sambalnya yang pedas gurih, serta aromanya yang nikmat bakal bikin kamu ketagihan.

Gulai Itiak Lado Mudobisa jadi kuliner yang melengkapi liburanmu sambil menikmati panorama Ngarai Sianok yang indah.

5. Teh Talua

(Foto : Bello.id/Nisa)
(Foto : Bello.id/Nisa)

Teh Talua merupakan minuman khas masyarakat Minang. Kuning telur yang dikocok bersama teh membuat minuman ini begitu unik.

Meski dicampur dengan telur, namun tak ada aroma abis telur sama sekali dalam minuman ini. Rasanya justru sangat mirip dengan teh tarik, hanya saja teh talua lebih kental.

Di Bukittinggi, teh ini bisa kamu temukan di banyak resto masakan minang. Hangatnya Teh Talua melengkapi liburanmu di Bukittinggi.

Jadi, kapan mau ke Bukittinggi? Cek info liburan ke Bukittinggi di sini.

Baca Juga

11 Objek Wisata Terkenal di Sumatera Barat

Menikmati Kesejukan Alam Bukittinggi

6 Km Menyusuri Lobang Jepang di Bukittinggi