Uniknya Masjid Raya Sultan Riau di Pulau Penyengat

0
1463
(Bello.id/Nisa)

Bello.id – Kepulauan Riau menyimpan pesona alam yang indah. Di Pulau Penyengat misalnya, kita bisa menemukan salah satu masjid bersejarah di Indonesia yaitu Masjid Raya Sultan Riau.

Pulau Penyengat juga dikenal sebagai lokasi bersejarah bagi cikal bakal kebudayaan Melayu, salah satunya bahasa Melayu yang merupakan asal mula Bahasa Indonesia.

Pulau ini terletak tak jauh dari Kota Tanjung Pinang. Hanya diperlukan waktu sekitar 10 menit menyeberang dari Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang. Kita bisa naik kapal nelayan yang sehari-hari dioperasikan untuk mengantarkan penduduk sekitar.

Dari kejauhan saja, masjid ini sudah bisa kita lihat. Warna kuningnya yang mencolok menjadi ciri khas masjid ini.

Masjid ini masih menyimpan peninggalan sejarah yaitu mushaf Alquran yang ditulis Abdurrahman Stambul pada tahun 1867 masehi. Selain itu, ada juga mimbar masjid yang terbuat dari kayu jati dari Jepara. Di salah satu sudut masjid juga masih tersimpan sepiring pasir dari Mekkah yang konon pernah dibawa oleh Raja Ahmad Engku Haji Tua.

Menikmati suasana Ramadan di sini, kamu bisa menikmati waktu berbuka di halaman masjid dimana terdapat dua buah rumah sotoh.