Terkesima Pesona Danau Toba : Menjelajah Samosir dan Parapat

0
3024
Pesona Danau Toba (Bello.id/Jeffri Minggar)

Bello.id – Tahukah kamu kalau Danau Toba merupakan danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika?

Dengan kedalaman maksimal mencapai 529 meter dan luas danau sebesar 1.130 kilometer persegi, Danau Toba juga memegang rekor danau terdalam di dunia. Keren kan?

Kawasan Danau Toba terbentang luas di tujuh kabupaten yang ada di Sumatera Utara, yakni Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tanah Karo, dan Dairi.

Karena begitu luas, kita akan seolah-olah melihat hamparan lautan biru di hadapan kita.

Ikon pariwisata Sumatera Utara ini terkenal dengan hamparan alam yang menawan hati.

Danau ini dipenuhi dengan deretan pegunungan, perbukitan, dan hutan alam yang mengelilinginya. Hembusan udara yang sejuk juga menambah pesona kawasan danau ini.

Mengelilingi danau ini dengan perahu akan meninggalkan kesan tersendiri buat kamu.

Momen matahari terbenam di danau ini juga sayang untuk dilewatkan bila kamu datang bersama teman-teman atau orang terdekat.

Pesona danau ini bukan hanya terletak pada keindahan alamnya, namun juga objek-objek wisata adat dan sejarah yang kita bisa kunjungi di sekelilingnya.

Salah satunya adalah wisata budaya Batak di Pulau Samosir.

Pulau yang terletak di tengah Danau Toba ini luasnya tidak lebih besar dari Singapura dan merupakan tempat tinggal asli masyarakat Batak Toba.

Ada berbagai macam wisata budaya dan sejarah suku Batak Toba yang dapat kita kunjungi di pulau ini.

Kamu bisa melihat peninggalan-peninggalan zaman purbakala suku Batak seperti kuburan batu dan desa-desa tradisional.

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan metode pengadilan tradisional suku Batak di Kampung Ambarita, dengan mengunjungi situs Batu Parsidangan Batak Kuno yang berusia ratusan tahun.

Di Pulau Samosir kamu juga bisa mengunjungi “danau di atas danau”, yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang di Desa Tanjungan yang airnya masih jernih dan asri.

Kamu juga bisa melihat proses pembuatan kain ulos dan membelinya sebagai oleh-oleh di Desa Jangga.

Bila kamu ingin ke Pulau Samosir, jangan lewatkan untuk singgah di Kota Parapat. Kota ini merupakan titik awal utama untuk memulai perjalanan ke Pulau Samosir menggunakan kapal ferry atau boat, oleh karena itu kota ini juga menjadi salah satu pusat wisata Danau Toba.

Di Parapat, kamu juga dapat pergi ke rumah pengasingan Soekarno. Inilah tempat dimana Presiden pertama RI tersebut pernah diasingkan oleh Belanda pada tahun 1948 bersama dengan beberapa tokoh nasional, seperti Sutan Sjahrir dan Agus Salim.

Letak rumah ini berada di tepi jalan kota Parapat yang menghadap langsung ke Danau Toba.

Di sana kita bisa menikmati arsitektural bangunan ala Eropa klasik, sekaligus mempelajari pemikiran-pemikiran Soekarno yang lahir dari sana.

Pesona Danau Toba juga semakin dapat dinikmati karena fasilitasnya yang cukup lengkap, baik dari segi transportasi ataupun penginapan.

Di Pulau Samosir, kita dapat mengendarai sepeda motor atau sepeda untuk mengelilingi pulau yang masih asri.

Daerah Tuktuk merupakan pusat pariwisata di Samosir yang menyediakan banyak guesthouse, homestay, ataupun penginapan.

Di Kota Parapat, jumlah hotel dan aneka penginapan tersedia cukup banyak dan beragam.

Letaknya yang hanya berkisar sekitar 176 km dari Medan, memungkinkan kota ini dapat dicapai dengan beberapa moda transportasi darat, seperti bis, mobil travel, taksi, dan penyewaan kendaraan pribadi.

Jadi dapat dikatakan bahwa pesona Danau Toba terletak pada pesona wisata alam dan kebudayaannya yang memukau.

Penasaran ingin berlibur ke Danau Toba?