Tambora Menyapa Dunia dalam Festival Pesona Tambora 2016

0
2543

Bello.id – Memperingati seabad meletusnya Gunung Tambora, pemerintah Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 11—16 April mendatang siap menggelar Festival Pesona Tambora 2016.

Festival akan berlangsung di Kabupaten Dompu dan Bima, NTB.

Bersamaan dengan festival tersebut, pemerintah secara resmi juga akan meluncukan branding “Pesona Lombok Sumbawa” untuk semakin menggeliatkan promosi wisata di NTB.

Sejumlah rangkaian acara menyampai Festival Pesona Tambora 2016 telah berlangsung sejak Februari lalu. Rangkaian acaranya yakni Seminar Rinjani Menuju Geopark Dunia, dan Lombok Wisata Halal Dunia.

Selain itu, ada pula kunjungan ziarah Tambora bagi wartawan, upacara lau, dan pertunjukan musik gambus.

Sementara, rangkaian kegiatan utama Festival Pesona Tambora 2016 adalah Tambora Running, yang meliputi Ultra Run 320 K, 100 K, Tambora Ultra 50 K dan 25 K.

Terdapat pula Tambora Bike Camp, Tambora Festival, dan Tambora Literary, Festival Film di Pulau Satonda, serta pameran seni rupa dan instalasi art-arche di Galeri Seni Satonda.

Dalam post event Festival Pesona Tambora 2016, nantinya terdapat kegiatan Klik Fotografi Trip Tambora.

Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap pariwisata di NTB makin mendunia.

Arief mengungkapkan, target pertumbuhan wisatawan di NTB diharapkan naik 50 persen dari 1 juta menjadi 1,5 juta wisatawan mancanegara.

Arief juga menyarankan agar Lombok bisa memanfaatkan kebijakan bebas visa bagi turis mancanegara yang datang ke Tanah Air.

Begitu juga dengan perizinan untuk yacht yang kini sudah semakin sederhana, serta embarkasi dan disembarkasi kapal pesiar.

Sementara itu, Gubernur NTB  M. Zainal Majdi mengaku bahwa pariwisata telah membantu mengurangi kemiskinan dan meningkatkan perekonomian di NTB.

“Pariwisata benar-benar berdampak besar terhadap kesejahteraan masyarakat. Kami di NTB menjadikan 15 kawasan sebagai destinasi wisata tapi sebenarnya tidak mewakili semua yang ada di NTB. Maka dari itu Festival Pesona Fambora ini untuk menunjukkan bahwa Pesona Lombok Sumbawa tidak ada habis-habisnya,” kata Zainal, seperti dikutip dari laman indonesia.travel.