Sambut Ramadan, Ciamis Gelar Jagir Festival

0
1634

Bello.id – Menyambut bulan Ramadan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menyuguhkan kemeriahan lewat Jagir Festival 2016 yang diselenggarakan pada 3—4 Juni 2016. Festival ini berpusat di Lapangan Jayagiri, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis.

Jayagiri Festival, atau yang disingkat menjadi Jagir Festival, merupakan kegiatan yang berupaya untuk mengakomodir berbagai potensi seni budaya Kabupaten Ciamis, khususnya di bagian utara.

Beraneka seni pertunjukan tradisi dan modern sebagai atraksi budaya ditampilkan seperti di antaranya adalah helaran seni rakyat dan budaya religi masyarakat Jayagiri, Sirnarasa Panjalu dan pertunjukan marawis, silat, jaipongan, pertunjukan wayang ajen dan pengajian akbar, tawashul, zikir, serta manaqib qubro.

Peserta pertunjukan merupakan para seniman, santri dan masyarakat di lingkungan Jayagiri, Panumbangan dan Panjalu Ciamis, serta dari luar Ciamis yang dapat menarik minat kunjungan wisatawan.

Nama wayang ajen mungkin masih jarang didengar, wayang jenis ini lahir dari proses kesadaran generasi muda pada wayang golek sunda tradisi yang asli dengan eksplorasi kreatif.

Wayang ajen serupa dengan wayang golek namun pada pertunjukannya memanfaatkan kolaborasi dengan berbagai media seni yang saling ngahenan atau saling melengkapi.

Jagir Festival memberikan motivasi bagi pelaku seni dan budaya dalam pengembangan kreativitas yang berkulualitas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus salah satu ajang promosi wisata budaya dan pembuka peluang promosi bagi usaha perdagangan perikanan dan jasa di wilayah Ciamis Utara.

Jarak dari Jakarta ke Ciamis adalah 278 kilometer. Untuk menempuh kota ini, kamu bisa menghabiskan waktu hingga 6 jam melalui jalur darat. Tapi perjalanan yang panjang akan terbayar dengan beragam destinasi wisata alam yang mengagumkan, dua diantaranya yaitu Green Canyon dan Sungai Citumang sudah dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Sumber : pesona.indonesia.travel