Promosi Wisata, Jambi Gelar Festival Candi Muarojambi

0
4488
(Foto : indonesia.travel)

Bello.id – Pernah lihat kemegahan Kompleks Candi Angkor Wat di Kamboja? Indonesia juga punya lho! Tepatnya ada di Provinsi Jambi.

Di tepi Sungai Batang Hari, Jambi sebuah situs peninggalan purbakala terhampar luas. Situs tersebut adalah Kompleks Candi Muarojambi.

Kompleks candi yang terletak 26 km dari Kota Jambi ini tak boleh kamu lewatkan kalau liburan ke Jambi.

Di dalam kompleks ini, kamu bisa menemukan lebih dari 80 bangunan candi yang saat ini sebagian besar masih berupa gundukan tanah yang belum dibuka.

Nah, menariknya Kompleks Candi Muarojambi saat ini telah kembali digunakan untuk kegiatan keagamaan Buddha, seperti upacara hari besar termasuk perayaan Waisak yang tahun ini akan berlangsung 22 Mei 2016.

Selain perayaan Waisak, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jambi pada 28—31 Mei 2016 mendatang juga akan digelar Festival Candi Muarojambi ke-8.

Berbagai pagelaran dan kegiatan akan ditampilkan untuk memeriahkan festival ini, seperti penampilan tarian kolosal, lomba seloko adat melayu, bazar, dan jalan sehat mengelilingi kompleks Candi Muarojambi.

Candi Muarojambi yang megah ini diperkirakan dibangun pada abad ke-11 Masehi pada masa Kerajaan Sriwijaya. Karena kompleksnya yang begitu megah, tak heran kalau dulunya kompleks ini pernah menjadi pusat pendidikan Agama Buddha.

Selain bangunan candinya sendiri, di candi ini kamu bisa melihat sejumlah arca, stupa, sisa genting, dan tembikar. Beberapa alat rumah tangga yang ditemukan juga mengindikasikan bahwa kompleks ini pernah menjadi tempat tinggal para biksu dan pelajar Buddha.

Dari puluhan candi yang ada, 9 diantaranya bisa kamu datangi, yaitu Candi Kotomahligai, Kedaton, Gedong Satu, Gedong Dua, Gumpung, Tinggi, Telago Rajo, Kembar Batu, dan Candi Astano.

Karena merupakan peninggalan sejarah yang sangat berharga, Candi Muarojambi didaftarkan ke PBB sebagai salah satu warisan dunia. Sampai saat ini, banyak peneliti dan penulis yang datang ke Candi Muarojambi untuk mengorek lebih jauh apa yang menarik di sini.