Pesona Senja di Ratu Boko

0
2954
Komplek Candi Ratu Boko yang menghadap Candi Prambanan (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Mau menikmati senja yang indah di Yogyakarta? Taman Wisata Keraton Ratu Boko jawabannya!

Meski lokasinya terbilang cukup tersembunyi lantaran berada di tengah-tengah perkampungan warga, namun daya tarik komplek candi satu ini tak dapat disembunyikan.

Keindahan serta nilai budaya tinggi yang dimiliki Candi Ratu Boko bahkan telah diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage) bersama-sama dengan Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Panorama sunset nan indah yang dapat dinikmati di sekitar Ratu Boko begitu memikat hingga mampu menarik minat wisatawan mancanegara.

Jika kamu berkesempatan untuk mampir ke Candi Ratu Boko, kamu akan menemui beberapa wisatawan asing yang sudah siap dengan segala perlengkapan kameranya untuk menangkap keindahan panorama matahari terbenam secara keseluruhan.

Keindahan panorama Taman Wisata Keraton Ratu Boko tak berhenti di sunsetnya saja. Lokasinya yang berada di kawasan dataran tinggi membuat para pengunjung juga dapat melihat panorama Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Candi Prambanan yang lokasinya tak terlalu jauh dari Candi Ratu Boko.

Maka tak heran, jika di Candi Prambanan sedang diselenggarakan pagelaran besar di malam hari, pengunjung Ratu Boko dapat melihat gemerlap lampu sorot pagelaran tersebut dari komplek Candi Ratu Boko.

Nama Ratu Boko berasal dari ‘Ratu Baka’ yang dalam bahasa Jawa berarti Raja Bangau, konon merupakan nama dari ayah Roro Jonggrang. Maka tak heran jika kemudian legenda Komplek Candi ini diduga terkait dengan legenda Candi Prambanan.

Hal ini bisa jadi menjelaskan mengapa Candi Prambanan dapat dilihat dari Komplek Candi Ratu Boko.

Keindahan panorama Ratu Boko tak berakhir seiring dengan tenggelamnya matahari. Pengunjung masih dapat menikmati indahnya langit bertabur bintang dan gemerlap lampu sorot Candi Prambanan di malam hari di area sekitar restoran Candi Ratu Boko sembari menikmati santapan andalan restoran tersebut.

Suasana restoran yang menghadap Candi Prambanan dan begitu romantis membuat lokasi ini, beberapa kali terpilih untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan.

Tertarik menghabiskan senja di Taman Wisata Keraton Ratu Boko?