Perdana, Payakumbuh Botuang Festival Digelar November Ini

0
1569
Lembah Harau (Foto : anekawisatabahari.blogspot.co.id)

Bello.id – Ada yang menarik di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akhir November ini. Sebuah festival baru akan digelar pertama kali tahun ini, tepatnya pada tanggal 26 November 2017 sampai 2 Desember 2017.

Payakumbuh Botuang Festival PBF merupakan kegiatan seni budaya yang bertemakan botuang (bambu) yang dikemas ke dalam berbagai bentuk pertunjukan, kuliner, dan instalasi seni.

Di samping itu, kegiatan ini juga pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan wisata berbasis komunitas di Kota Payakumbuh.

Kegiatan ini akan menyebar di beberapa tempat wisata dan tempat bersejarah di Kota Payakumbuh seperti Ngalau Indah, Gelanggang Pacu Kuda, Jembatan Ratapan Ibu, dan akan berpuncak di Panorama Ampangan Aua Kuniang.

Wisatawan akan tinggal di rumah-rumah penduduk, berinteraksi dan saling terlibat dalam ragam workshop seni serta seminar bambu yang juga dipersembahkan bagi peminat dan pengrajin bambu yang sudah tumbuh di Kota Payakumbuh.

PBF merupakan kegiatan yang berangkat dari pembacaan tersebut, sekaligus mengambil pembelajaran berharga dari berbagai festival atau perhelatan budaya baru di berbagai daerah, yang berhasil menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat masa kini.

Melalui festival ini, selain sebagai upaya menginisiasi peristiwa festival atau perhelatan budaya baru di Sumatera Barat, kami juga bermaksud menjajaki kemungkinan interaksi antar berbagai elemen masyarakat, yang diharapkan dapat menciptakan semacam situs industri kreatif yang bernilai ekonomis sekaligus bernilai kultural.

Sumbar : Kementerian Pariwisata