Panduan Menuju Danau Toba dan Pulau Samosir

0
2268
Pesona Danau Toba (Bello.id/Jeffri Minggar)

Blogger Bello.id – Salah satu destinasi yang wajib banget dikunjungi di Sumatera Utara ya apalagi kalau bukan bukan Danau Toba. Yiaay!

Danau terbesar di Indonesia dan terdapat sebuah pulau di tengahnya yaitu Pulau Samosir. Untuk mencapai Danau Toba ada banyak pilihan transportasi mulai dari kendaraan pribadi, bis, sampai pesawat.

Untuk kendaraan pribadi bagi kamu bisa menyewa mobil yang kebanyakan ada di rental-rental mobil sekitar Kota Medan. Jarak tempuh dari Medan sampai Pelabuhan Ajibata Parapat sekitar 5 jam.

Saya sendiri karena berangkat dari Pematang Siantar hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Sesampainya di pelabuhan Ajibata, Parapat kamu akan naik ferry menuju pelabuhan Tomok Pulau Samosir dengan durasi sekitar 30 menit.

Di Parapat kapal ferry dibedakan menjadi dua, kapal ferry untuk penumpang dan kapal ferry untuk mobil. Usahakan agar datang di pagi hari karena kalau sudah siang antrian mobil untuk masuk kapal ferry bisa sangat panjang terutama pada saat weekend atau hari libur.

Kapal ferry yang mengangkut kendaraan (Foto : jeffriminggar.blogspot.co.id)
Kapal ferry yang mengangkut kendaraan (Foto : jeffriminggar.blogspot.co.id)

Untuk transportasi bis, kamu bisa naik bis yang ada di terminal Pinang Baris Medan jurusan Medan-Parapat dengan biaya sekitar 50 ribu rupiah. Sesampainya di Parapat kamu bisa naik kapal ferry yang berangkat ketika kapal sudah penuh dan cukup membayar 10 ribu rupiah per orang.

Bagi yang menggunakan pilihan transportasi pesawat, saat ini kamu bisa langsung terbang dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta ke Bandara Silangit, bandara yang paling dekat dengan Danau Toba.

Estimasi waktu tempuh dari bandara silangit ke parapat adalah sekitar 30 menit. Untuk pilihan maskapainya saat ini sudah ada Garuda, Wings Air dan Sriwijaya Air.

Sementara, untuk menuju Parapat dari Bandara Silangit kamu bisa menggunakan taksi atau mobil carteran yang ada di sekitar bandara.

Baca kisah selengkapnya di sini.

Blogger : Jeffri Minggar (jeffriminggar.blogspot.co.id)