Habis Liburan? Ayo Tulis Catatan Perjalananmu

0
1705
Wisatawan menikmati pemandangan dari puncak mercusuar di Pulau Lengkuas (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Pernah terpikir untuk mendokumentasikan perjalanan traveling kamu dalam bentuk tulisan?

Jangan salah, ternyata menulis catatan perjalanan punya banyak manfaat buat kita, bukan hanya sekedar membunuh waktu selama perjalanan.

  1. Membantu orang lain

Zaman sekarang, menulis tidak lagi harus dilakukan di kertas atau buku catatan.

Kamu bisa menulisnya dalam bentuk blog atau catatan perjalanan mobile yang bisa dibagi ke banyak orang. Catatan kamu jadinya membawa manfaat ke orang lain dengan cara ini.

Kenapa bisa bermanfaat? Itu karena catatan perjalanan kamu menyimpan informasi.

Biasanya, sebelum benar-benar pergi ke suatu tempat, pasti orang akan mencari informasi tentang tempat tujuannya terlebih dahulu.

Nah, catatan perjalanan kamu beserta detailnya bisa jadi salah satu sumber informasi yang berharga kan jadinya?

Apalagi kalau catatan perjalanan kamu detail menceritakan perbandingan harga dan suasana dari tempat melancong kamu. Pastinya catatan tulisan kamu bakalan banyak dibaca.

  1. Penghasilan tambahan

Kalau tulisan di blog kamu dirasa bermanfaat oleh banyak orang, pastinya tulisan catatan perjalanan kamu jadi banyak dibaca, dan akhirnya blog dan nama kamu jadi populer.

Biasanya kalau sudah sampai tahap ini, banyak kesempatan untuk menambah pundi-pundi penghasilan yang bermunculan.

Biasanya kalau suatu blog sudah konsisten dalam penulisannya dan disukai banyak orang, google akan menawarkan untuk memasang google ads di konten blog kita dan itu dibayar lho…

Belum lagi sekarang banyak perusahaan yang mencari para blogger traveller untuk mengiklankan produknya, entah dalam bentuk review atau pemasangan iklan.

Eh, catatan perjalanan kamu kalau memang oke, bisa dijadikan buku juga kok…

Masih ingat kan buku The Naked Traveller? Atau buku-buku Raditya Dika? Itu semua tulisannya berasal dari tulisan blog. Menulis ternyata membuka banyak kesempatan ya?

  1. Membuat orang lain mengenal Indonesia

Sudah bukan rahasia kan kalau alam Indonesia itu indah banget? Namun, perlu diakui juga kalau potensi pariwisata yang oke ini masih belum dapat dimaksimalkan oleh masyarakat kita.

Alhasil, banyak wisatawan lokal yang memilih melancong keluar negeri karena kurangnya informasi tentang objek-objek wisata di Indonesia.

Nah, catatan perjalanan kita bisa membuat orang jadi sadar sama keberadaan tempat-tempat ini.

Apalagi kalau tulisan-tulisan kamu bisa membuat orang jadi mau pergi ke tempat-tempat yang kamu tulis karena kamu sukses mendeskripsikan keindahan tempat tersebut.

Mereka menjadi mengenal Indonesia lewat tulisan catatan perjalanan kamu.

  1. Menyimpan memori

Ingatan manusia memang dirancang terbatas. Perjalanan yang seru dan berkesan mungkin akan hilang dalam ingatan jika tidak disimpan dalam bentuk tulisan atau gambar.

Setiap perjalanan itu membawa kesan, cerita, dan pelajaran yang berbeda-beda.

Terkadang cerita-cerita ini membawa ide, inspirasi, dan hikmah yang tidak bisa diungkapkan hanya lewat gambar atau foto. Ada hal-hal detail dan suasana yang harus dituliskan.

Tulisan-tulisan catatan perjalanan ini nantinya dapat kamu lihat-lihat lagi ketika kamu sedang butuh inspirasi atau sekedar ingin bernostalgia mengingat keseruan perjalanan.

Nantinya, kamu bisa tertawa, menangis, atau bahkan rindu terhadap kenangan-kenangan yang kamu tulis tersebut.

  1. Menambah teman

Kalau kamu membagi catatan tulisan kamu melalui blog atau komunitas sesama pejalan di internet, kamu bisa mendapatkan banyak teman baru.

Pasti ada saja orang yang pernah menjelajahi tempat yang kamu kunjungi. Ada juga orang yang malah ingin tahu tentang detail perjalanan yang sudah kamu tulis.

Apapun itu, pada akhirnya kamu akan mendapat teman-teman baru yang mempunyai minat jalan-jalan yang sama denganmu.

Bahkan kalian bisa melakukan perjalanan bareng attau sekedar berbagi cerita. Pertemanan teryata bisa dimulai dari hanya sebuah tulisan catatan perjalanan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, mulai menulis!