Menpar Dukung Pengembangan Homestay di Lembah Bakkara

0
362
(Foto : Kementerian Pariwisata)

Bakkara merupakan nama sebuah wilayah di pinggiran barat daya Danau Toba. Sebuah lembah indah di pinggiran Danau Toba yang dikelilingi perbukitan nan cantik.

Meski belum sepopuler daerah lain di Danau Toba, namun daerah ini cukup banyak menarik perhatian wisatawan. Tapi keindahannya sungguh tak akan mengecewakan. Di sini terdapat 7 desa/huta, yang masuk didalam Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Bakkara dulunya merupakan pusat peradaban yang tercermin dari adanya Istana Sisingamangaraja yang merupakan tempat lahirnya Raja Sisingamangaraja XII.

Kompleks Istana Sisingamangaraja terdiri dari empat bangunan yang dipenuhi dengan ukiran Gorga khas rumah suku Batak.

Kompleks Istana Sisingamangaraja sudah menjadi objek wisata sejarah dan arsitektur yang menarik banyak wisatawan.

Hal ini membuat Menteri Pariwisata, Arief Yahya sangat antusias mengunjungi Istana Sisingamangaraja.

Kedatangan Menteri Pariwisata Arief Yahya ke Bakkara ini ditujukan untuk menindaklanjuti instruksi Presiden agar pariwisata dapat memberi dampak langsung kepada masyarakat. Salah satu upaya terobosan Menpar adalah melalui Homestay Desa Wisata.

Dalam audiensi Menpar dengan Kepala Desa, Camat, dan tetua adat di Bakkara, Menteri Pariwisata langsung gerak cepat dan memutuskan bahwa sebelum tahun 2017 berganti, Kemenpar akan mengantarkan dukungan sebanyak 150 set interior untuk peningkatkan kualitas interior homestay di Bakkara.

Sumber : Kementerian Pariwisata