Menikmati Segarnya Panorama Air Terjun Tiu Kelep di Lombok

0
3120
(Foto : pergiberwisata.com)

Bello.id – Air terjun adalah salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain menawarkan panorama alam yang sangat menakjubkan, wisata air terjun juga menarik karena kamu bisa menikmati sejuknya air yang jatuh dari ketinggian.

Wisata air terjun yang layak untuk dicoba adalah air terjun Tiu Kelep di Lombok. Destinasi wisata air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Wisata air terjun Tiu Kelep di Lombok ini berada sekitar 60 kilometer dari Kota Mataram. Jika kamu memulai perjalanan dari Kota Mataram, kamu perlu waktu sekitar 2 hingga 3 jam dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Namun, tidak ada kendaraan yang langsung mengarah ke lokasi wisata ini. Maka, jika kamu hendak menuju ke air terjun Tiu Kelep di Lombok, kamu bisa menyewa mobil atau motor di Kota Mataram sebagai alat transportasi menuju ke area wisata tersebut.

Jangan lupa juga menyewa pemandu atau mengajak teman yang mengetahui lokasi pasti dari wisata air terjun Tiu Kelep di Lombok ini jika kamu belum mengetahui lokasinya secara pasti.

Untuk menuju ke lokasi wisata air terjun Tiu Kelep di Lombok, kamu akan melewati perjalanan yang cukup membuat tenaga fisikmu terkuras. Pastikan tubuhmu dalam keadaan sehat ketika kamu memutuskan untuk berwisata ke sini karena kamu akan menuruni tangga beton dan menyusuri jalan setapak yang berbatu.

Setelah itu, kamu akan menyeberangi sungai yang cukup licin. Namun, semua perjuangan dan lelah fisik yang kamu rasakan akan hilang seketika begitu kamu sampai di air terjun Tiu Kelep di Lombok.

Sesampainya di kawasan wisata air terjun Tiu Kelep di Lombok, kamu akan menemukan air terjun yang sangat indah yang memiliki ketinggian 42 meter. Uniknya, air terjun ini bertingkat–tingkat.

Aliran airnya cukup deras dan terdapat kolam yang tidak terlalu dalam di bawah air terjun tersebut. Dalam Bahasa Sasak, Tiu berarti kolam dan Kelep berarti terbang. Pada waktu-waktu tertentu, butiran air atau embun dari air terjun tersebut beterbangan sehingga memunculkan pelangi di ujung air terjun.

Menurut mitos yang beredar di masyarakat sekitar, mandi dan mencuci muka di air terjun Tiu Kelep di Lombok ini bisa membuatmu awet muda. Jangan lupa menyempatkan diri mengunjungi Air terjun Tiu Kelep jika kamu berwisata di Lombok.

Ayo jelajahi serunya Lombok bareng Bello!