Mengunjungi si Tuan Rumah Pulau Komodo

0
1518
Komodo (Gudkov Andrey/Shuterstock)

Bello.id – Pasca-penobatan Pulau Komodo sebagai salah satu New 7 Wonders of Nature, tak hanya pulaunya saja yang menjadi popular. Komodo, sang tuan rumah pun ikut populer.

Komodo, yang konon telah hidup sejak jaman dinosaurus ini belakangan sedang menjadi perbincangan hangat para traveler.

Menurut tim peneliti dari Rutgers University Amerika Serikat dan University of New South Wales Australia, komodo yang juga punya nama lain ‘ora’ ini memang merupakan hewan purba.

Kemampuannya bertahan hidup sejak jaman dinosaurus hingga sekarang ini membuktikan ketangguhannya dalam mempertahankan diri serta berburu makanan.

Dr. Bryan Fry, seorang peneliti dari Melbourne University, Australia melakukan penelitian terhadap kepala komodo dan menemukan adanya ribuan kelenjar kompleks di antara gigi-giginya yang mengeluarkan racun yang mampu menurunkan tekanan darah, mempercepat pendarahan dan membuat shock si mangsa hingga tak berdaya.

Untuk itu, ketika membunuh mangsanya komodo cukup menggigitnya kemudian membiarkan si mangsa mati, baru kemudian ia dapat menikmati tangkapannya bersama kawanannya.

Kemampuan indera yang paling diandalkan Komodo terletak pada lidahnya. Meski penglihatannya buruk di malam hari, namun Komodo tetap dapat mendeteksi, merasakan dan mencium bau hingga 9,5 km dengan menjulurkan lidahnya.

Untuk itu, travelers wanita yang sedang haid sebaiknya tidak mengunjungi pulau-pulau yang dihuni komodo.

Meski buas, namun di Pulau Komodo, Komodo hidup berdampingan dengan manusia yang tinggal di sebuah kampung bernama kampung komodo.

Penduduk kampung komodo berasal dari Sumbawa, Bugis dan suku penjelajah lainnya yang berprofesi sebagai nelayan.

Soal tempat tinggal, Komodo menyukai tempat terbuka yang panas dan kering, seperti padang rumput kering terbuka, sabana dan hutan tropis pada ketinggian rendah.

Tempat-tempat dengan kriteria tersebut banyak terdapat di Nusa Tenggara Timur. Karena itulah, banyak komodo bermukim di pulau-pulau sekitar Flores, yang salah satunya adalah Pulau Komodo.

Ingin melihat langsung seperti apa tingkah polah hewan purba ini? Yuk, berlibur ke Pulau Komodo.