Mengintip Kecanggihan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta

0
1451
(Foto : angkasapura2.co.id)

Bello.id – Selasa (9/8/2016), Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta resmi beroperasi. Berbagai kecanggihan sudah disematkan dalam terminal baru ini.

Terminal sepanjang 1 km ini diperkirakan mampu menampung pergerakan hingga 25 juta penumpang pesawat per tahunnya. Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta akan menyajikan fasilitas yang megah sekaligus ruang gerak yang lapang.

Selain itu, Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta juga dilengkapi dengan beragam teknologi modern. Teknologi pertama yang diterapkan di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta adalah BHS (Baggage Handling System) level 5.

BHS level 5 ini bisa mendeteksi adanya bom. Jika terdapat bom dalam suatu barang, maka barang tersebut langsung dimasukkan ke dalam bom blanket dan akan ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian.

Teknologi canggih lainnya adalah ASS (Airport Security System). ASS adalah teknologi yang memungkinkan pihak bandara mendeteksi wajah penumpang atau pengunjung bandara yang tercatat sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) pihak kepolisian.

Dengan kata lain, ASS berfungsi untuk mendeteksi buronan polisi hanya dengan bermodalkan CCTV. Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta juga akan memiliki rain water system, yaitu suatu teknologi canggih yang bisa digunakan untuk mendaur ulang air hujan.

Dengan teknologi ini, air hujan akan didaur ulang menjadi air bersih. Dalam hal penghematan air, Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta juga menerapkan recycle water system, yaitu suatu teknologi yang bisa mengolah limbah air toilet supaya menjadi air toilet yang bersih kembali.

Untuk penerangan, Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta juga menerapkan penghematan melalui sistem penerangan terang dan redup secara otomatis sesuai dengan kondisi cuaca.

Jika cuaca mendung atau menjelang malam, maka lampu akan otomatis menyala. Sebaliknya, jika hari sudah terang atau dalam cuaca cerah, maka lampu akan padam secara otomatis.

Kecanggihan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta ini disebut-sebut . Sudah siap mencoba kecanggihan terminal baru ini?