Mengenal Rohana Kudus, Pejuang Wanita dari Ranah Minang

0
2947
Jika berlibur ke Sumatera barat, sempatkan mampir ke Kerajinan Amai Setia yang berada di Nagari Koto Gadang, Kecamatan IV Koto ini (Foto : Bello.id/Nisa)

Bello.id – Selain wisata alamnya yang indah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat juga memiliki wisata sejarah dan budaya yang menarik untuk dijelajahi.

Sebut saja Danau Maninjau, Ngarai Sianok, Museum Buya Hamka, dan Kerajinan Amai Setia yang dirintis oleh salah satu pahlawan Indonesia, yaitu Rohana Kudus.

Sudah tahu mengenai kisah beliau?

Bicara mengenai pahlawan Indonesia yang memperjuangkan emansipasi wanita, ternyata R. A. Kartini bukanlah satu-satunya.

Rohana Kudus, wanita kelahiran Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat ini merupakan jurnalis perempuan pertama Indonesia yang juga memperjuangkan hak perempuan untuk dapat menikmati pendidikan seperti halnya kaum laki-laki.

Pada zamannya, perempuan Koto Gadang dianggap tidak perlu mengenyam pendidikan karena kelak perempuan hanya akan mengurus rumah tangga saja.

Jika perempuan berpendidikan tinggi, dikhawatirkan tanggung jawab mengurus rumah tangganya akan berantakan.

Paradigma tersebutlah yang hendak diubah oleh Rohana Kudus.

Pengetahuan yang ia dapatkan berkat hobinya membaca majalah terbitan Belanda serta hasil pertemanannya dengan beberapa istri pejabat Belanda, ia coba salurkan ke perempuan-perempuan di desanya dengan mendirikan Sekolah Kerajinan Amai Setia pada 11 Februari 1911.

Sekolah tersebut tidak hanya mengajarkan keterampilan-keterampilan seperti menjahit, menyulam, merajut, menenun dan sejenisnya, tetapi juga budi pekerti, baca tulis, ilmu keuangan, politik, jurnalistik, bahasa Belanda, serta pendidikan Agama Islam.

Kini, semangat Rohana Kudus untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan Koto Gadang masih terus dijalankan.

Sekolah Kerajinan Amai Setia kini menjadi salah satu obyek wisata yang dituju oleh wisatawan asing.

Hasil kerajinan antara lain sulaman, perak, hingga gerabah rutin diproduksi dan dipasarkan hingga ke luar negeri sembari terus menjalankan program pendidikan bagi perempuan-perempuan daerah setempat.

Berpetualang di Agam, sempatkan mampir ke Kerajinan Amai Setia yang berada di Nagari Koto Gadang, Kecamatan IV Koto.

Selain menambah pengetahuan mengenai sejarah emansipasi perempuan dan jurnalistik di Indonesia, kamu juga dapat berbelanja oleh-oleh atau sekadar cuci mata.

Di rumah panggung kuno bertuliskan “Keradjinan Amai Setia 1915” ini, kamu dapat melihat hasil kerajinan perak, hasil sulaman berupa selendang suji cair khas Koto Gadang, benda-benda peninggalan Rohana Kudus, dan masih banyak lagi.

Dimana lagi kamu dapat memperoleh atraksi wisata alam yang indah sekaligus wisata budaya dan sejarah yang menarik? Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat tempatnya!