Liburan Sekalian Mudik? Bisa Banget!

0
1066
Pantai Parangtritis (Foto : anekatempatwisata.com)

Bello.id – Mudik ke kampung halaman sudah menjadi ritual tahunan bagi masyarakat Indonesia. Sebenarnya banyak manfaat dan hal yang bisa kita lakukan saat mudik.

  1. Liburan tanpa harus menghabiskan jatah cuti kantor

Setiap kantor pastinya menyediakan waktu libur yang cukup panjang dalam rangka lebaran. Jadi, bisa dikatakan bahwa ini jatah liburan resmi dari kantor kan? Kita gak harus repot-repot mengurus perizinan cuti ketika liburan lebaran.

Di kampung, kita bisa berwisata berkeliling ke objek-objek wisata yang ada sekaligus melepaskan penat dan rutinitas yang kita hadapi sehari-hari di tempat kerja kita.

Pastinya menjelajah tempat-tempat baru yang berbeda dari keseharian kita membuat kita fresh kembali dan siap menghadapi tantangan-tantangan pekerjaan begitu kembali ke kantor.

  1. Mengikat Tali Silaturahmi

Kadang kamu gak hapal bahkan gak kenal sama saudara-saudara sepupu kamu sendiri kan?

Nah, biasanya momen ngumpul-ngumpul pas lebaran di kampung halaman semua keluarga kamu dari yang silsilahnya paling jauh sampai paling dekat, ngumpul di rumah saudara tertua.

Momen ini bisa kamu manfaatkan buat lebih mengenal saudara-saudara kamu dan mengakrabkan diri dengan mereka.

Jangan meremehkan jaringan keluarga besar loh.. banyak rezeki justru datang dari tali silaturahmi seperti ini.

  1. Meningkatkan Empati Sosial dan Rasa Syukur

Biasanya kalau kita kembali ke kampung halaman dari kota besar, kita bisa melihat perbedaan yang sangat berbeda antara kehidupan kota dan pedesaan. Banyak yang bisa kita pelajari dari perbedaan-perbedaan ini.

Di satu sisi, kita bisa merasakan jurang pembangunan yang sangat besar antara kota dan desa.

Namun di satu sisi, biasanya kita juga bisa merasakan ketenangan dan kesederhanaan kehidupan yang ada di desa yang tidak kita rasakan di kota. Bahwa semua punya dua koin, sisi baik dan sisi buruk.

Belum lagi kegiatan-kegiatan bersedekah yang biasanya dilakukan oleh warga kampung menjelang ramadhan, kita semakin merasakan empati sosial antar sesama sekaligus menjadi lebih bersyukur atas kehidupan yang kita jalani.

  1. Merasakan Kepuasan Batin

Biasanya di kampung halaman kita melakukan ziarah kubur orang tua, kakek, nenek dan mereka yang dihormati dan disayangi, juga bertemu orang-orang yang punya peranan dalam hidup kita namun sudah lama tidak kita temui.

Semua ini memberikan kepuasan batin tersendiri. Mudik seolah-olah merupakan simbolisasi dari ‘kefitrahan’ sejati. Kembali ke asal. Kembali ke tempat yang pertama kali melahirkan kita dan membentuk kita.