Lebih Sehat dan Kreatif dengan “Traveling”

0
1650
(Foto : Bello.id/Rian)

Bello.id – Siapa yang tidak senang traveling? Selain sekedar bersenang-senang, ternyata traveling punya banyak manfaat untuk kesehatan lho.

Penelitian-penelitian telah membuktikan bahwa gak hanya mengurasi stres saja, tapi traveling juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, serta mencegah dimensia dan alzheimer.

Penelitian salah satunya dilakukan oleh Transamerica Center for Retirement, the U.S. Travel Association, dan Global Commission on Aging pada 2015 lalu. Dari penelitian itu disebutkan bahwa dengan traveling, otak akan dipaksa beradaptasi dengan pengalaman baru, cuaca, aroma, dan suara.

Pengalaman baru trsebut membuat banyak koneksi sinapsis di otak terbentuk. Itu membuat ingatan makin tajam, dan sangat berguna bagi orang lanjut usia. Semakin sering melakukan traveling, otak pun akan semakin sehat.

Menariknya, pengalaman-pengalaman baru yang ditemukan saat traveling juga dapat meningkatkan kemampuan fleksibilitas kognitif dan kedalaman pikiran. Penelitian tersebut dilakukan oleh Adam Galinsky, seorang profesor dari Columbia Business School pada 2015.

Bahkan kata dia, kreatifitas akan meningkat seiring dengan bertambahnya intensitas traveling. Memelajari kebudayaan baru, dan berinteraksi dengan orang-orang baru akan membuat otak lebih kreatif.

Gak heran kan kalau akhirnya traveling bisa membuat kamu makin bahagia dan produktif? Kamu juga jadi lebih siap menjalankan aktivitas-aktivitasmu setelah traveling.

Yuk, rencanakan agenda traveling-mu!