Kuliner Celimpungan dan Laksan dari Palembang

0
6859
Celimpungan (Foto : resepkecilku.net)

Bello.id – Palembang dan pempek adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Tapi, pernahkah kamu mendengar tentang celimpungan dan laksan Palembang?

Sebenarnya keduanya adalah olahan makanan yang berasal dari pempek. Dua makanan ini terkenal sebagai salah satu menu alternatif saat berbuka puasa di Palembang.

Seperti pempek, celimpungan juga berbahan dasar sagu dan ikan giling sebagai adonan utamanya. Bentuknya pun dibuat menyerupai pempek bulat atau seperti pempek lenjer yang diiris tipis.

Tapi ada sedikit perbedaan yang signifikan dalam penyajiannya. Jika pempek hanya melalui proses penggorengan dan ditemani kuah cuko, celimpungan ini dihidangkan dengan menambahkan santan kelapa sebagai kuahnya.

Penyajian celimpungan juga unik karena menggunakan taburan bawang goreng untuk menambah cita rasa. Selain itu sambal goreng juga bisa digunakan untuk menambah rasa pedas makanan yang satu ini.

Saat hari raya, celimpungan juga dihidangkan bersama dengan lontong dan sayur serta lauk, sehingga menyerupai opor namun bukan berisi ayam tapi berisi celimpungan. Rasa gurih, pedas dan kenyal adalah rasa yang disuguhkan celimpungan.

Laksan (Foto : kulinerkito.xyz)
Laksan (Foto : kulinerkito.xyz)

Nah, ada celimpungan, ada juga laksan. Keduanya merupakan olahan pempek yang khas. Perbedaan mendasar dari keduanya terletak di irisan adonannya. Bila celimpungan bulat, maka laksan berbentuk oval agak tebal.

Selain itu perbedaan lainnya terletak di kuahnya. Kalau laksan dipadukan dengan kuah santan yang dicampur dengan gilingan cabai merah, bawang merah dan bawang putih sehingga cenderung berwarna kemerahan hampir menyerupai kuah lontong sayur.

Sedangkan celimpungan direndam dengan kuah hijau yang dibuat dari kunyit, bawang merah dan bawang putih. Tekstur celimpungan juga lebih lembut, bergelombang, dan bulat dibandingkan laksan.

Memang kedua makanan ini membanjiri Palembang disaat bulan ramadhan berlangsung, namun bukan berarti kamu hanya bisa menikmati keduanya pada saat ramadhan saja.

Diluar bulan ramadhan, Laksan dan Celimpungan bisa kamu dapatkan diseluruh pelosok Kota Palembang dengan harga yang terjangkau sekitar 1.000-3000 rupiah per buah. Namun, pada hari-hari biasa biasanya kedua olahan pempek ini hanya dijual saat pagi hari.

Berminat mencoba?