Kota Bandung Unggulkan Destinasi Wisata Religi

0
1687
(Foto : urbanbandung.com)

Bello.id – Kementerian Pariwisata memanfaatkan momen bulan Ramadan dari Hari Raya Idul Fitri untuk mengangkat promosi wisata religi.

Kali ini Kota Bandung, Jawa Barat, yang menjadi tuan rumah perayaan Semarak Wisata Ramadhan 2016 di Pusdai Jabar pada 18 Juni lalu.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti, mengatakan bahwa Jawa Barat merupakan destinasi wisata religi utama bagi wisatawan nusantara.

“Potensi wisata religi di Bandung sangat banyak, potensi itu biasanya ada di dalam budaya, dan seharusnya digabungkan juga dengan wisata alam,” kata Esthy Reko Astuti dalam acara Semarak Wisata Ramadhan 2016 di Bandung, Sabtu (18/6/2016).

Bandung dikenal melimpah dengan potensi-potensi wisata alamnya seperti Kawah Putih, berbagai curug hutan raya dan masih banyak lagi. Menurut Esthy Reko Astuti, destinasi-destinasi seperti itu merupakan daya tarik wisata halal.

Lanjutnya, potensi wisatawan halal sendiri sangat besar yaitu mencapai 228 juta orang mencakup wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Produk religi yang dimiliki Indonesia pun tersebar di seluruh Indonesia.

Beberapa waktu lalu Kemenpar menyelenggarakan acara religi menyambut bulan Ramadan, salah satunya Wisata Religi Al-Mizan. Event-event wisata religi yang diselenggarakan ini mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan potensi budaya unggulan daerah agar dapat menjadi ikon di daerahnya.

Semarak Wisata Ramadhan 2016 di Bandung diisi dengan dakwah, sholat tarawih bersama, hingga pertunjukan wayang ajen yang dibawakan oleh Wawan Ajen. Selain itu terdapat pertunjukan tari-tarian tradisional, serta lagu-lagu Islami yang dibawakan penyanyi pop sunda, Rita Tila.

Salah satu daya tarik Bandung, menurut Raseno Arya, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal, adalah wayang ajen yang telah mendunia. Pertunjukan wayang ajen ini mensosialisasikan branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia ke dalam kemasan yang atratktif dan menarik.

Sumber : pesona.indonesia.travel