Keseruan Festival Bahari di Wakatobi Wave 2016

0
4095

Bello.id – Wakatobi Wave (Wonderful Festival and Expo) akan diseleggarakan pada 1-3 Desember 2016 di Pulau Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Festival ini akan menghadirkan berbagai atraksi budaya bahari dari pulau-pulau di sekitar Wakatobi yaitu Wanci, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Wakatobi Wave 2016 dihelat atas kerja sama antara Kementerian Pariwisata RI dan Pemerintah Kabupaten Wakatobi. Acara ini diharapkan mampu mendukung pencapaian kunjungan wisatawan mancanegera pada tahun 2016.

Wakatobi Wave 2016 telah diisi oleh serangkaian festival bahari yang diselenggarakan pada akhir tahun, yaitu Festival Kaledupa yang diadakan pada 17-24 September dan Festival Pulau Tomia yang berlangsung pada 3-6 November.

Acara tersebut diisi oleh lomba budaya, pesta kuliner, lomba memancing tradisional, pertunjukkan tari dan masih banyak lagi.

Kabupaten Wakatobi merupakan salah satu dari 18 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi merupakan akronim dari nama empat pulau besar dan berpenghuni di Wakatobi meliputi Wangi-Wangi (Wa), Kaledupa (Ka), Tomia (To) dan Binongko (Bi).

Wilayah Kabupaten Wakatobi didominasi oleh laut mencapai 97% dan daratannya hanya seluas 3% dari total luas wilayah ± 19.200 km2 sehingga potensi sumberdaya alam unggulannya adalah kelautan, perikanan dan sektor pariwisata bahari.

Daerah yang paling banyak dikunjungi adalah Pulau Hoga yang memiliki keindahan alam baik darat maupun bawah lautnya.

Selain keindahan bawah laut Wakatobi juga sangat kaya dengan kekhasan budaya masyarakat lokal. Meskipun Wakatobi merupakan daerah baru namun untuk bisa sampai di Wakatobi bukan hal yang sulit.

Moda transportasi udara telah tersedia di daerah ini yang melayani penerbangan setiap hari dengan jalur Makassar-Kendari-Wakatobi. Tersedia pula sarana transporasi laut yang dapat ditempuh baik dari jalur Kendari-Wakatobi maupun Baubau-Wakatobi.

Sumber : pesona.indonesia.travel