Ke Riau, Yuk Lihat Cantiknya Istana Siak Sri Indrapura

0
1729
Istana Siak Sri Indrapura (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Cerita tentang sejarah melayu tercatat baik di Riau. Salah satunya di Istana Siak Sri Indapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Ditempuh sekitar 2 jam dari Kota Pekanbaru, sempatkan diri untuk berkunjung ke istana cantik satu ini ya. Siak dapat ditempuh melalui jalur darat dan jalur sungai. Jika melewati jalur sungai, kamu akan menyusuri Sungai Siak dengan kapal cepat.

Istana ini terletak tak jauh dari pelabuhan, dan menghadap Sungai Siak. Tak hanya cantik karena perpaduan arsitektur Melayu, Eropa, dan Arab, sejarah yang disimpan di Istana Siak Sri Indrapura juga menarik.

(Bello.id/Nisa)

Istana ini dibangun pada 1889 pada masa kepemimpinan Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin, dan selesai pada 1893.

Pada masa kejayaannya, Kesultanan Siak menjadi kerajaan yang kuat dan diperhitungkan di Sumatera dan Semenanjung Malaya.

Istana Siak Sri Indrapura memiliki luas 1.000 meter persegi. Istana yang dibangun pada masa Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin itu memiliki arsitektur bercorak Melayu, Arab, dan Eropa.

Bangunan istana ini terdiri dari dua lantai. Di lantai bawah, terdapat beberapa ruangan yaitu beberapa ruang tamu, ruang siding, dan ruang pesta. Sementara lantai atas merupakan ruang peristirahatan sultan.

Di dalam istana juga masih tersimpan dengan baik peninggalan-peninggalan seperti kursi singgasana kerajaan yang berbalut (sepuh) emas, duplikat mahkota kerajaan, brankas kerajaan, payung kerajaan, tombak kerajaan, komet sebagai barang langka.

Selain itu, ada pula berbagai senjata, cermin, lampu Kristal, serta keramik dari Cina dan Eropa.

Masyarakat Melayu (Bello.id/Nisa)

Setiap Senin sampai Kamis, serta Sabtu Istana Siak buka pukul 09.00—16.00. Sementara Jumat buka pukul 09.00—11.00, dan buka kembali pukul 13.45—16.00. Tiket masuk untuk dewasa Rp3.000, dan anak-anak Rp2.000.