Ini Kenapa Liburan di Saat Sepi Itu Menyenangkan

0
1598
Mercusuar di Pulau Lengkuas, Belitung (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Semua orang pasti sudah merencanakan liburan di tanggal-tanggal merah. Gak heran kalau objek wisata populer selalu berjubel dipenuhi wisatawan di tanggal-tanggal tersebut. Tapi pernah gak kamu ngerasain nikmatnya liburan saat sedang sepi wisatawan?

Yap, mau gak mau kamu harus ambil cuti atau liburan di saat hari kerja. Suasana yang cenderung sepi ini kondusif banget buat kamu yang mau liburan sambil mencari ketenangan.

  1. Tiket lebih murah

Karena permintaan tak sebanyak hari libur atau tanggal merah, otomatis harga tiket pesawat atau kereta di hari kerja akan cenderung lebih murah. Kamu juga gak perlu buru-buru beli tiket karena takut kehabisan.

Di jam-jam tertentu, justru harganya bisa murah banget. Ini dikarenakan tak banyak wisatawan yang bepergian. Tertarik mencoba?

  1. Perjalanan yang tenang

Tidak banyaknya wisatawan membuat jalanan menuju objek-objek wisata incaranmu akan sepi. Ini membuat kamu lebih bisa menikmati perjalanan. Selain itu, kesempatan kamu untuk mendekatkan diri dengan masyarakat lokal juga lebih besar.

Begitu sampai di objek wisata, kamu tak perlu bersusah payah berjibaku dengan wisatawan lain yang mengantri tiket. Bahkan ada beberapa pantai yang saking sepinya di hari kerja, membuatmu bak di pantai pribadi.

  1. Lebih leluasa

Berita baik lainnya adalah, kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau! Mencoba berbagai hal seru, misalnya berfoto di pohon terkenal di Kalibiru, Kulonprogo, atau mencoba paralayang di Malang asyiknya memang dilakukan saat lagi sepi.

Begitu pun dengan snorkeling. Kamu bisa leluasa berenang, menyapa ikan-ikan cantik saat tak banyak orang melakukan snorkeling.

  1. Tarif penginapan dan makanan lebih murah

Saat hari kerja, biasanya harga penginapan dipatok lebih murah dibandingkan akhir pekan atau hari libur nasional lainnya. Otomatis ini bakal menghemat budget liburanmu. Apalagi jika kamu berlibur beramai-ramai, dengan teman-teman atau keluarga.

Sama halnya dengan harga makanan. Di beberapa tempat, harga makanan akan berada di harga normal saat sedang musim sepi wisatawan.

Namun, tantangan melakukan perjalanan liburan di saat sepi atau hari kerja adalah sulitnya mengatur waktu dengan teman perjalanan atau anggota keluarga lainnya. Kamu bisa menyiasatinya dengan mengambil sebagian hari di akhir pekan dan sebagian lainnya di hari kerja.

Untuk merencanakannya pun perlu dilakukan dengan matang, mengingat beberapa kantor tidak mudah memberikan cuti pada karyawannya. Begitu pun jika kamu punya anggota keluarga yang masih duduk di bangku sekolah.

Jadi, yuk rencanakan liburanmu bersama orang-orang terdekat dari jauh-jauh hari!