Ini Dia Rangkaian Ijen Festival 2016

0
1243
Kawah Ijen (Foto : indonesia.travel)

Bello.id – Memperkenalkan keindahan alamnya, Bondowoso menggelar Ijen Festival 2016 yang ditargetkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

Ijen Festival diawali dengan Ijen Trail Running yang dibuka Bupati Bondowoso pada 21 Mei 2016 lalu. Ada juga kegiatan menikmati kopi arabica java ijen raung pada 22 Mei di Kecamatan Sempol.

Ijen Festival akan menjadi ajang mempromosikan Bondowoso sebagai republik kopi karena telah berhasil mengekspor produk perkebunan unggulan kopi ke mancanegara.

Ijen Festival 2016 merupakan gelaran bertaraf internasional yang terdiri dari serangkaian acara menarik, seperti  Ijen Night Ride pada 21 Mei, Ijen Trail Running pada 21-22 Mei, serta Ijen Festival Kopi Nusantara pada 26-27 Juli yang akan menampilkan kopi terbaik dari seluruh wilayah di Indonesia.

Selain itu, ada juga kegiatan Jazz de Ijen pada 15 Oktober, Ijen Flying Fest pada 14-16 oktober, dan famtrip blogger dan fotografer pada pada 20-23 Mei.

Ijen Festival juga menghadirkan Ijen Flying Fest yang telah masuk kalender nasional di Kemenpora. Paralayang menjadi satu destinasi wisata unggulan Bondowoso dan satu-satunya di Jawa Timur karena berada di daerah tapal kuda. Kegiatan tersebut dapat dinikmati wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ada juga Trip of Indonesia dan Night Ride yang akan diadakan bersama Komunitas Bondowoso All Mountain dan terbuka untuk umum. Ada juga hiking malam hari menuju Kawah Ijen untuk melihat blue fire, serta Ijen Trail Running yang diikuti 287 peserta dari 15 negara.

Bondowoso merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang tidak memiliki wilayah laut dan terletak di wilayah Tapal Kuda-di sebelah timur Pulau Jawa.

Meskipun berada di tengah, namun Bondowoso tidak dilalui jalan negara yang menghubungkan antarprovinsi. Bondowoso juga dikenal dengan sebutan “Kota Tape” dimana makanan khas kota tersebut memiliki rasa dan aroma yang berbeda dibandingkan tape lainnya di Indonesia, tidak heran banyak wisatawan menjadikan makanan tersebut sebagai oleh-oleh.

Beberapa tujuan wisata yang dapat disambangi di Bondowoso di antaranya adalah Kawah Ijen, Air Terjun Blawan, Perkebunan (kopi) Kalisat Jampit, Air Terjun Polo Agung, Bosamba Rafting, dan Kawah Wurung, dan lainnya.

Hampir 75 persen wilayah Bondowoso berada di bawah naungan Perhutani, PTPN dan BKSDA. Oleh karena itu, pemerintah setempat tengah bekerja sama dengan ihak tersebut untuk bersinergi mengembangkan pariwisata Bondowoso.

Sebagai contoh adalah kegiatan paralayang akan take off dari lahan Perhutani di Megasari dan landing seluas satu hektar ada di area PTPN.

Sumber : indonesia.travel