Indahnya Stalaktit dan Stlagmit di Goa Gong Pacitan

0
1660
Goa Gong (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Pacitan terkenal dengan julukan Kota 1001 Goa. Gak heran kalau kamu akan menemukan pesona goa-goa indah di sini. Salah satu yang terkenal adalah Goa Gong.

Goa Gong berjarak 37 km dari pusat Kota Pacitan, letaknya searah jika kamu ingin ke Pantai Klayar. Begitu memasuki bibir goa kamu akan segera bisa melihat kemegahan stalaktit dan stalagmit di sana yang usianya sudah ratusan tahun lamanya.

Dinamakan Goa Gong karena konon bunyi tetesan air di dalam goa bunyinya menyerupai suara gong.

Secara administratif Goa Gong terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung. Selain ditempuh dari pusat Kota Pacitan, Goa Gong juga dapat ditempuh dari Yogyakarta dan Solo.

Untuk menikmati seluruh isi goa kamu setidaknya membutuhkan waktu sekitar 30 menit mengitari goa. Jangan lupa siapkan kameramu dan manfaatkan pencahayaan-pencahayaan yang sudah disediakan di dalam goa.

Jika tak membawa senter, kamu bisa menyewanya dengan harga Rp5000 per senter. Atau jika tidak, kamu tetap bisa berjalan dengan aman di dalam goa karena pegangan yang sudah tersedia di keliling goa.

Goa Gong terdiri dari beberapa ruangan yang menghubungkan dengan kubah raksasa dengan lebar 15—40 meter dan tinggi 20—30 meter. Keren ya?

Untuk masuk ke Goa Gong, kamu akan dikenakan tarif Rp10.000 pada hari kerja dan Rp12.000 pada akhir pekan.

Penasaran dengan kemegahan di dalam goa ini? Yuk masukkan Goa Gong dalam list destinasi liburanmu di Pacitan.