Hobi Motret Makanan? Yuk Belajar “Food Photography” Bareng Astrid Febrina Rizal

0
938
Karya-karya foto Astrid Febrina Rizal dari akun @astridfebrinarizal

Bello.id – Meningkatnya tren pelesiran memunculkan semakin banyak foodie, istilah untuk orang yang hobi mencoba berbagai makanan, dan biasanya mengunggah hasil foto makanannya di media sosial. Apakah kamu salah satunya?

Foto makanan yang baik tentu yang berhasil membuat orang yang lain tergiur menikmatinya. Nah, untuk menambah referensi fotomu, kamu bisa melihat karya-karya food photographer.

Salah satu referensi food photography yang bisa kamu ikuti adalah akun instagram milik fotografer Astrid Febrina Rizal. Akunnya bisa kamu lihat di sini.

Astrid telah lama menekuni hobi fotografi. Tiga tahun belakangan Astrid fokus mengembangkan kemampuannya di food photography. Kini, klien-klien pun berdatangan. Baik untuk kebutuhan foto produk toko-toko online, hingga resto dan coffee shop.

Menurut Astrid, untuk menghasilkan foto makanan yang baik ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

  1. Tentukan tema foto

Menentukan tema foto sebelum memotret membuatmu punya gambaran tentang foto yang akan kamu buat. Misalnya, saat memotret secangkir kopi. Apakah kamu mau memotret sambil mengangkat suasana kafe, atau proses saat kopi dituangkan ke dalam cangkir.

Apapun tema yang ingin kamu angkat, semuanya butuh persiapan dan riset.

2. Persiapkan properti yang dibutuhkan

Properti bisa mendukung suasana yang ingin kamu tonjolkan dalam sebuah foto. Ada banyak properti yang bisa kamu pakai. Mulai dari segala peralatan yang ada di dapur, seperti talenan, sendok, serbet, dan lain-lain. Saat ini kamu juga bisa menemukan berbagai properti yang banyak di jual online. Salah satunya di akun ini.

3. Perhatikan komposisi

Food styling penting kamu lakukan sebelum melakukan pemotretan. Pastikan kamu memerhatikan koordinasi warna, pola, dan komposisi letak antar-objek. Perhatikan juga kesinambungan antara objek yang satu dengan yang lain.

Jangan lupa juga untuk memerhatikan arah datangnya cahaya agar kamu bisa menentukan angle pengambilan gambar yang baik.

Kalau mau belajar lebih banyak, kamu bisa ikutan workshop Food Photography bersama Astrid Febrina Rizal pada 28 April 2018 nanti. Tak hanya diajarkan teori saja, kamu juga bisa langsung praktek dan bertanya langsung dengan ahlinya.