Halmahera Utara Terus Percantik Dua Bandaranya

0
1993

Bello.id – Kabupaten Halmahera Utara yang sebagian terletak di Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara merupakan salah satu wilayah yang menjadi perhatian pemerintah. Tobelo adalah ibukota dari kabupaten Halmahera Utara yang yang dihuni sekitar 200.000 jiwa.

Keberadaan dua bandara di pulau ini menjadi gerbang masuk yang penting baik bagi masyarakat maupun wisatawan asing dan domestik ke wilayah Halmahera Utara.

Bandara Kuabang Kao

kuabang kao

Bandara Kuabang Kao terletak di Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara. Bandara ini melayani 7 kali penerbangan per minggu untuk rute Manado-Kao dan Kao-Manado. Rute ini diterbangi oleh maskapai Wings Air dengan pesawat jenis ATR 72-500. Bandara Kuabang Kao merupakan salah satu pintu masuk melalui udara di Kabupaten Halmahera Utara.

Kepala Bandara Kuabang Kao, Samad Abdul, menyatakan pada tahun 2016 ini Bandara Kuabang Kao terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang antara lain melaksanakan pekerjaan perpanjangan landasan menjadi 2.400 meter dan pengadaan kendaraan PKP-PK.

Abdul berharap, meskipun saat ini baru ada 1 penerbangan tiap harinya namun jumlah penumpang selalu mencapai di atas 90% dari kapasitas pesawat. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke wilayah Halmahera Utara, baik untuk kegiatan pariwisata ke Morotai maupun untuk kunjungan lainnya.

Bandara Gamarmalamo

gamarlamo

Bandara yang terletak di Desa Dukolamo, Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara ini berjarak 25 kilometer dari Kota Tobelo.

Upaya meningkatkan konektivitas antar wilayah melalui pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi terus dilakukan Kementerian Perhubungan.

Sumber : dephub.go.id