Gili Padar, Daya Tarik Wisata di Flores

0
2029
Gili Padar (Bello.id/Aria Sankhyaadi)

Bello.id – Sudah pernah dengar tentang Gili Padar?

Gili Padar atau ada juga yang menyebutnya sebagai Pulau Padar (Kata ‘Gili’ dalam Bahasa Sasak berarti ‘pulau kecil’) merupakan salah satu pulau yang berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo, Flores, destinasi wisata yang belakang ini sedang hits.

Gili Padar merupakan salah satu daya tarik Taman Nasional Komodo yang semakin menggoda rasa penasaran para traveler untuk menjelajahinya. Bagaimana tidak? Baru menjejakkan kaki saja, kamu sudah akan dibuat kagum oleh pulau ini.

Seperti pasir di pantai-pantai sekitar Pulau Komodo, pasir pantai di pulau ini pun berwarna pink. Hal ini konon disebabkan oleh banyaknya koral berwarna merah yang tersebar di sekitar wilayah Taman Nasional Pulau Komodo.

Menjajaki pulau ini lebih dalam, kamu akan melakukan trekking selama sekitar setengah jam untuk mencapai bukit. Rasa letih setelah trekking dijamin akan terbayar lunas dengan suguhan keindahan panorama yang tersaji sejauh mata memandang.

Dari atas bukit, kamu dapat melihat panorama indah tiga danau dari atas bukit yang sungguh indah dan langka.

Tidak hanya panorama tiga danau saja yang dapat dinikmati dari atas Bukit Gili Padar, tapi juga panorama langitnya. Mulai dari matahari terbit, matahari terbenam, sampai hamparan bintang di langit malam, semuanya indah!

Beberapa traveler ada yang rela bermalam di Pulau ini demi menangkap setiap momen terbaik yang menyajikan keindahan langit yang begitu lengkap dan jarang didapat di lokasi lain.

Daratannya indah, begitu pula alam bawah lautnya. Di Taman Nasional Komodo yang konon merupakan salah satu lokasi snorkeling atau diving terbaik di Indonesia, terdapat sekitar 42 spot penyelaman, di antaranya Manta Point, Pantai Pink, Tatawa Besar, Batu Samsia, Batu Bolong, Batu Tiga, serta sekitar Gili Padar, yang merupakan salah satu spot favorit para penyelam.

Di Gili Padar sendiri terdapat tiga spot penyelaman yang dihiasi lebih dari 250 spesies terumbu karang, 70 spesies bunga karang, dan 1.000 spesies ikan.

Untuk mencapai Gili Padar, kamu dapat menyewa perahu dari Labuan Bajo atau Pulau Komodo. Perjalanan menuju Gili Padar memakan waktu sekitar 3 jam, sementara jika kamu berangkat dari Pulau Komodo, jarak tempuhnya sekitar 1,5 jam.

Jika ingin menginap di laut selama menjelajahi keindahan Taman Nasional Komodo, kapal-kapal live on board (LOB) bisa dijadikan pilihan.

Seru bukan? Pastikan kamu memasukkan Gili Padar ke dalam daftar kunjungan liburan di Taman Nasional Komodo ya.