Erau, Pesta Adat Tertua di Tenggarong Kembali Digelar Juli 2017

0
3307
(Foto : kutaikartanegarakab.go.id)

Ada yang menarik di Tenggarong, Kalimantan Timur akhir Juli nanti. Salah satu pesta adat tertua di Indonesia kembali hadir. Festival yang diberi nama Erau dan International Folk Art Festival (EIFAF) akan dilaksanakan pada 22-30 Juli 2017.

Erau berasal dari kata “eroh” yang artinya suasana ramai atau suasana penuh suka cita. Festival ini sudah dilaksanakan selama berabad-abad lamanya oleh Kesultanan Kutai, tepatnya sejak abad ke-12 masehi.

Festival Erau merupakan perayaan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas limpahan hasil bumi. Tahun ini, Erau kembali dilaksanakan pada bulan Juli. Juli dipilih karena merupakan puncak dari musim liburan, dan diharapkan dapat mendatangnya lebih banyak wisatawan ke Tenggarong.

Festival Erau diharapkan dapat memperkenalkan peninggalan kearifan lokal masyarakat Kutai kepada dunia. Dalam festival ini akan digelar berbagai kesenian dan tradisi Kesultanan Kutai yang juga akan bersanding dengan warisan budaya dunia dari berbagai bangsa di penjuru dunia. Festival Erau dijadwalkan akan dihadiri 8 delegasi kesenian mancanegara.