Deretan Kuliner Pedas dari Lombok

0
689
Sate Rembige (Bello.id/Nisa)

Bello.id — Sesuai namanya—Lombok. Kalau kamu liburan ke pulau eksotis ini, kamu bakal nemuin kuliner-kuliner pedas dan super pedas di sini. Semuanya dijamin menggugah selera!

  1. Nasi Balap Puyung
Nasi Balap Puyung

Sajian utama Nasi Balap Puyung terdiri dari nasi, suwiran daging ayam berbumbu pedas, dan kacang kedelai yang disajikan di atas piring beralaskan daun pisang.

Suwiran daging ayam pedas inilah yang menjadi kunci kelezatan utama dan keunikan Nasi Balap Puyung.

Sensasi rasa pedas yang dihasilkan suwiran daging ayam pedas tak muncul segera setelah suapan pertama, tetapi beberapa saat setelah mengunyah panganan ini.

Cabai kering khas Lombok merupakan rahasia utama di balik keunikan sensasi rasa pedas pada nasi balap puyung.

  1. Sate Rembiga
Sate Rembige

Rembiga atau Rembige, begitu cara pengucapan warga setempat, merupakan nama sebuah desa di dekat eks-bandara Selaparang, yang merupakan desa asal sate ini.

Meskipun bahan bumbunya terbilang sederhana, yaitu cabe merah kering, bawang putih, terasi, kemiri, gula merah, gula putih, dan garam, namun cara pengolahannya yang istimewa membuat kenikmatan sate ini tak dapat dilupakan.

Sebelum dibakar, sate terlebih dahulu direndam dengan campuran bumbu selama kurang lebih 3 jam, sehingga cita rasa bumbu meresap sempurna menggantikan aroma daging sapi.

Hasilnya, nikmatnya rasa pedas, manis sekaligus gurih merebak di lidah pada setiap potongan daging sate Rembiga.

  1. Ayam Taliwang
Ayam Taliwang

Biasanya ini yang nomor satu dicari kalau lagi di Lombok. Kuliner Ayam Taliwang memang begitu identik dengan Lombok.

Rahasia kenikmatan ayam ini adalah pada daging ayam yang masih muda dan sangat empuk. Pilihan ayamnya pun beragam, ada yang digoreng dan dibakar.

Bumbunya yang meresap ke dalam daging, dan sensasi pedasnya dijamin bikin kamu ketagihan. Ada beberapa rumah makan yang menyediakan menu satu ini. Kamu akan sangat mudah menemukan Ayam Taliwang di Lombok.

  1. Plecing Kangkung
Plecing Kangkung

Plecing kangkung biasanya disandingkan dengan Ayam Taliwang. Meski sekilas terlihat sederhana, namun sensasi pedas dari kuliner satu ini luar biasa banget.

Pantas saja. Cabai rawit, garam, tomat, dan sedikit terasi menjadi bumbu dibalik rasa pedas plecing kangkung. Belum lagi dengan tambahan tauge dan taburan kacang goreng yang menggugah rasa. Hmm.. nikmat!

  1. Beberuk Terong
Beberuk Terong

Selain plecing kangkung sebagai sayuran pedas nan sehat di Lombok. Ada lagi nih sayuran sehat berikutnya, yaitu beberuk terong.

Terong yang sudah dipotong-potong dicampur dengan sambal yang terdiri dari tomat dan cabai rawit, serta tambahan air jeruk limau.

Tak heran bagi penggemar pedas, beberuk terong rasanya juara banget. Ada pedas, manis, dan asam dalam sekali suap.

Gimana, sudah gak sabar mencoba kuliner-kuliner pedas di Lombok ini?

Yuk kulineran ke Lombok bareng dalam program Food Tour. Klik di sini untuk info selengkapnya ya.