Coba Cara Ini Agar Berat Badan Tak Melonjak Usai Liburan

0
1600
Ilustrasi menjaga berat badan (Shutterstock)

Bello.id – Liburan jadi ajang untuk mencoba berbagai macam kuliner. Namun, demi menjaga kesehatan kamu tetap perlu menjaga asupan kalori yang masuk.

Bonusnya adalah berat badanmu akan tetap stabil bahkan hingga usai liburan nanti.

  1. Perhatikan porsi

Tidak ada salahnya mencoba berbagai jenis kuliner yang ada di daerah yang kamu kunjungi. Namun, kamu perlu membatasi porsinya. Caranya bisa dengan memesan beberapa makanan sekaligus namun dalam porsi-porsi kecil.

Jadi kamu bisa mencicipi semua makanan sambil tetap menjaga porsi sesuai kemampuan tubuhmu.

2. Batasi makanan manis

Makanan manis bisa sangat menggoda. Tapi juga menjadi musuh utama untuk menjaga berat badan. Pastikan kamu mengkonsumsi makanan manis dengan jumlah yang dibatasi. Misalnya, jangan memesan es teh dengan gula yang banyak.

Kamu bisa mengurangi setidaknya setengah dari porsi gula yang biasa diberikan sang penjualnya.

3. Kunyah secara perlahan

Saat beberapa kuliner tersaji di atas meja, kamu pasti sudah tak sabar ingin melahap semuanya. Namun, tak perlu buru-buru.

Tips lainnya adalah mengunyah makananmu pelan-pelan. Selain mencegah kamu makan dalam jumlah yang banyak, mengunyah pelan-pelan juga bisa membuat sistem pencernaanmu lebih siap menerima makanan yang masuk.

4. Alihkan perhatian

Banyak hal yang dapat kamu lakukan di sela-sela wisata kuliner. Olahraga ringan seperti berjalan kaki di pantai, atau mendaki bukit untuk melihat pemandangan adalah salah satu cara untuk mengalihkan perhatian dari memikirkan makanan.

Hal ini juga dapat menjaga berat badan kamu agar tidak naik. Asalkan setelah melakukan aktivitas tersebut kamu jangan makan terlalu banyak, ya.

  1. Batasi minuman bersoda dan alkohol

Soda dan minuman beralkohol merupakan minuman yang berkalori tinggi.

Minuman jenis ini juga dapat mempersulit kamu untuk mengendalikan nafsu makan. Jadi sebaiknya hindari minuman tersebut dan pilihlah minuman yang lebih sehat seperti jus buah atau es kelapa muda.

  1. Kurangi ngemil

Perut lapar dalam perjalanan pastinya membuat tidak nyaman, dan ngemil merupakan salah satu solusinya. Namun secara tak sadar kita sering ngemil terlalu banyak, lho.

Baik saat di perjalanan, di hotel, di tempat-tempat wisata, bahkan saat sedang mengantri tiket. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya sempatkan makan secukupnya sebelum perjalanan.

Bisa juga menyiapkan jenis makanan ringan yang sehat sebelum berangkat. Namun jika terpaksa harus membeli di pinggir jalan, pilihlah makanan ringan yang rendah kalori.

  1. Sempat berolahraga pada pagi hari

Banyak dari kita yang lebih memilih tidak berolahraga saat sedang berlibur. Padahal banyak hal seru yang dapat dilakukan dengan olahraga di pagi hari saat berlibur, seperti berjalan kaki menikmati suasana sekitar hotel ataupun bersepeda mengelilingi area persawahan.

Bahkan penelitian mengatakan kalau berolahraga pada pagi hari selain dapat membakar lemak juga dapat meningkatkan fokus dan stamina untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.

Baca Juga

Tips Agar Kulit Tetap Cerah Selama Liburan

7 Tips Ini Bikin Kamu Tetap Sehat Selama Liburan