Citarasa Tinggi di Pinggir Sungai Itu Bernama Soto Yana Yani

0
687
Soto Yana Yani (Foto : Bello.id/Jundi)

Bello.id – Dari sekian banyaknya pilihan kedai untuk menikmati Soto Banjar di Banjarmasin, rasanya kurang jika tidak menikmati sepiring Soto Banjar dengan suasananya yang otentik.

Ya, Soto Banjar akan lebih lengkap dinikmati di tepian sungai. Selain suasananya yang berbeda dari depot soto pada umumnya, suasana di sekitar sungai yang hidup dan ramai akan aktivitas masyarakatnya, menjadi daya tarik sendiri bagi kamu yang mungkin baru pertama kali merasakan suasana seperti ini. Belum lagi lalu-lalang jukung ataupun kelotok yang sanggup mencuri perhatian siapapun.

Adapun depot Soto Yana Yani, terletak di jalan sungai singgah. Sekitar 15 menit jika menggunakan kelotok dari KM 0 kota Banjarmasin atau sekitar 20 menit jika melalui jalur darat. Seberapa lama pun perjalanan itu, lelahnya akan terbayarkan dengan sepiring soto Banjar buatan Depot Soto Yana Yani ini.

Rasanya berbeda dari soto Banjar kebanyakan, Soto Yana Yani menggunakan sedikit santan sehingga kuah sotonya terasa sedikit agak kental, namun ramah bagi para pendatang yang terbiasa menikmati panganan bersantan.

Selain itu suiran ayam kampung dan juga irisan tipis telur bebek yang di dadar memperkaya citarasa dari Soto Banjar Yana Yani.

Terdapat perkedel kentang berukuran kecil di dasar piring terendam kuah soto yang kaya akan rempah. Potongan paha atau sayap dari ayam kampung lengkap dengan kaldunya atau beberapa tusuk sate ayam berbumbu kacang biasanya menjadi pelengkap dari satu porsi besar Soto Banjar Yana Yani. Jangan lupa pesan Es Jeruk peras sebagai penyegar dahaga ketika kamu selesai makan.

Kenikmatan rempah dan kesegara buah jeruk bisa menjadi energi baru di sisa harimu.

Sebagai hidangan penutup, depot ini menyediakan sepiring wadai. Wadai adalah roti bulat dengan potongan pisang di dalamnya, dengan rasa santan yang begitu lembut di mulut.

Sekilas, tidak ada yang berbeda dari wadai yang tersaji dengan wadai pada umumnya. Ternyata yang membedakan adalah semua wadai yang tersaji adalah kudapan yang harus kamu habiskan.

“Biar wadai yang tersaji disini selalu fresh kali ya, lagian mubazir juga kalo disisain” ungkap seorang pengunjung yang dimintai keterangannya perihal wadai tersebut.

Menyantap hidangan di Depot Soto Yana Yani hanya akan menyisakan dua hal. Jika kamu tidak pulang dengan perut yang kekenyangan hingga tertidur ketika perjalanan pulang, bisa jadi kamu pulang membawa oleh-oleh wadai yang tidak bisa kamu habiskan.

 

Depot Soto Banjar Yana Yani

Jalan Sungai Singgah

Rp. 25.000 – Rp. 40.000 tergantung lauk pelengkap