“All You Can Eat” Rp30 Ribu Saja di RM Popeda Gamalama Ternate

0
2257
Menu makan yang disajikan di RM Popeda Gamalama (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Dari jejeran rumah makan yang ada di Pasar Bahari Berkesan Ternate ini, kami tak sengaja masuk ke salah satu rumah makan yaitu RM Popeda Gamalama. Tujuannya tak lain untuk mencicipi nikmatnya papeda.

RM Popeda Gamalama tampak depan (Bello.id/Nisa)
RM Popeda Gamalama tampak depan (Bello.id/Nisa)

Dari depan pasar, kamu harus menyusuri masuk ke dalam pasar. Tanya saja dimana letak rumah makan yang banyak menjual papeda kepada pedagang, dan kamu akan diberi petunjuk untuk berjalan terus hingga ujung. Tak perlu khawatir becek, karena pasar ini cukup bersih.

RM Popeda Gamalama (Bello.id/Nisa)
RM Popeda Gamalama (Bello.id/Nisa)

Dari luar, RM Popeda Gamalama ini tampak sederhana dengan pengunjung yang cukup ramai karena kami datang saat jam makan siang. Begitu tiba, semua meja yang ada di sana penuh dengan berbagai jenis makanan mulai dari singkong, papeda, ikan, sayur-mayur, serta banyak lainnya.

Papeda atau Popeda (Bello.id/Nisa)
Papeda atau Popeda (Bello.id/Nisa)

Ini mengingatkan saya dengan rumah makan Padang yang juga menerapkan hal serupa. Di sana, biaya yang kita bayarkan tergantung dari berapa nasi dan jenis lauk apa saja yang kita ambil dari yang disediakan oleh penjual.

(Bello.id/Nisa)
(Bello.id/Nisa)

Berbeda dengan rumah makan Padang pada umumnya, di RM Popeda Gamalama apapun yang kita makan akan dihargai sama, cuma Rp30 ribu!

Makan siang di RM Popeda Gamalama (Bello.id/Nisa)
Makan siang di RM Popeda Gamalama (Bello.id/Nisa)

Jadi, kamu mau ambil lauk apa saja, atau mau makan papeda berapa banyak pun kamu akan ditagih Rp30 ribu saja per orang. Murah kan?

Sayur Goru (Bello.id/Nisa)
Sayur Garo (Bello.id/Nisa)

Oh iya, selain papeda di setiap meja kamu akan menemukan kasbi (singkong rebus), pisang rebus, ubi rebus, ikan goreng, sayur garo (tumis kangkung dengan bunga pepaya), gohu ikan, dan beberapa sayur mentah.

Sekilas kamu mungkin kaget dengan banyaknya makanan pokok di sana. Tidak hanya nasi dan papeda, tapi ada juga singkong dan ubi. Banyak ya pilihannya. Kamu bisa coba sensasi yang beda selain makan nasi.

Untuk popeda, kamu bisa menyantapnya dengan kuah ikan yang rasanya asam segar. Karena kental, papeda akan sulit dikunyah. Mudahnya kamu tinggal telan saja.

Kalau mau buat papeda sendiri juga bisa. Di pasar tersedia bahan pembuat papeda, harganya cukup murah sekitar Rp10 ribu saja per kantong plastik.

Menarik ya wisata kuliner di Ternate?