Berlibur ke Medan, Ayo Mampir ke Istana Maimun

0
1152
Istana Maimun (Bello.id)

Bello.id – Banyak yang seru di Medan! Selain Masjid Raya Medan yang terkenal itu, ada satu lagi nih bangunan bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini.

Dari kejauhan, sudah bisa kita lihat kecantikan Istana Maimun. Bangunan bersejarah ini terletak di pusat Kota Medan, sehingga sangat mudah dijangkau.

Peninggalan Kesultanan Deli ini pertama kali dibangun pada 1888, dan selesai pada 1891. Istana Maimun didirikan oleh Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah yang merupakan keturunan raja ke-9 Kesultanan Deli.

Saat kamu tiba di sini, kamu akan merasakan budaya melayu yang kental dari gaya bangunannya.

Terlihat juga pengaruh Timur Tengah yang tampak pada bagian atapnnya.

Sementara, sentuhan budaya Eropa tampak pada lampu, meja, pintu, dan jendela.

Hal itu terlihat dari dominasi warna kuning pada bangunan istana. Desainnya yang unik juga merupakan paduan dari sentuhan budaya Belanda, Spanyol, India, Turki, dan Italia.

(Bello.id/Nisa)

Istana Maimun memiliki tiga bagian, yaitu satu bangunan utama, dan dua bangunan di sayap kanan dan sayap kiri.

(Bello.id/Nisa)

Pada bangunan utama, terdapat ruangan yang besar yang dulu kala digunakan untuk kegiatan adat kerajaan. Sekarang, di ruangan ini, kita bisa melihat koleksi peninggalan kerajaan, seperti kursi, meja, lemari.

Untuk masuk ke Istana Maimun, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp5 ribu saja.

Dan, buat kamu yang tertarik berfoto bak putra dan putri melayu, di sini juga disewakan pakaian adat. Kamu bisa menyewanya hanya dengan Rp10 ribu.

(Bello.id/Nisa)

Selain itu, di komplek Istana Maimun kita juga bisa melihat Meriam Puntung. Konon, meriah ini adalah jelmaan dari Mambang Khayali, adik Putri Hijau dari Kerajaan Deli Tua.

Ia berubah menjadi meriam saat mempertahankan istana dari serbuan Raja Aceh, akibat pinangannya ditolak oleh Putri Hijau yang cantik.

Saat ke sini, coba deh kamu dekatkan telingamu ke meriam ini. Konon kamu akan mendengar suara perang. Namun, tiap orang bisa mendengar suara yang berbeda-beda.

Penasaran? Yuk liburan ke Medan bareng Bello!