Bakmi Jawa, Kuliner Istimewa dari Jogja

0
2449
Bakmi Jawa (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Lelah dan lapar setelah berpetualang di Jogja? Isi kembali semangat kamu dengan menyantap Bakmi Jawa.

Mau yang godhog (disajikan dengan kuah) atau goreng (tanpa kuah), dijamin travelers akan kembali siap menjelajah Jogja lagi setelah menyantap kuliner khas Jogja ini.

Bakmi Jawa khas Jogja ini benar-benar istimewa. Dengan falsafah alon-alon waton mateng (biar lambat, asal matang), proses memasak bakmi dikerjakan per porsi, bukan banyak porsi dalam sekali masak.

Hal ini bertujuan agar bumbu tercampur sempurna dengan mie sehingga hasil akhir cita rasa dan kematangan mie menjadi maksimal.

Karena itu, meski bumbunya terbilang sederhana, yakni terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, merica, garam, dan udang, hasil pengolahan ‘alon-alon waton mateng’ ini mampu menghasilkan rasa gurih segar yang membuat ketagihan.

Soal bahan baku, bahan-bahan yang digunakan antar lain mie, telur bebek, suwiran daging ayam, seledri, daun bawang, dan kubis. Untuk menambah rasa pada penyajian, ada yang menambahkan irisan seledri dan bawang goreng.

Sementara kuah kental nan gurihnya berasal dari rebusan ayam kampung yang dicampur dengan kocokan telur bebek. Sudah terbayang kelezatannya?

Keistimewaan berikutnya terletak pada alat masak yang digunakan. Dimasak diatas anglo atau tungku tanah liat dengan bahan bakar dari arang, konon inilah yang semakin menambah kelezatan Bakmi Jawa.

Tergoda untuk mencicipanya? Pastikan Bakmi Jawa khas Jogja ini jadi asupan energimu sebelum kembali menjelajah Jogja ya!