Apapun Gaya Travelingmu, Ayo Jelajahi Indonesia!

0
1476
(Foto : Shutterstock.com/MattiaATH)

Bello.id – Masing-masing dari kita pasti punya pilihan gaya traveling yang berbeda.

Mulai dari yang maunya hemat banget sampai yang maunya senang-senang dan tahu beres aja.

Beruntung, Indonesia itu keren banget. Jadi apapun pilihan gaya travelingmu, menjelajahi Indonesia nggak akan membuat kamu menyesal.

  1. Traveling dengan gaya turis? Indonesia punya banyak tempat indah yang bisa kamu kunjungi dengan fasilitas yang lengkap

Orang yang mempunyai gaya traveling ini biasanya mengutamakan kenyamanan dan tidak mau terlalu repot mengurusi detail perjalanan.

Biasanya tipe traveler ini menggunakan jasa penyedia layanan pariwisata yang sudah menyediakan paket-paket tertentu, sehingga mereka hanya terima beres.

Biasanya tipe ini mencari objek-objek wisata yang sudah cukup terkenal dari segi kelengkapan fasilitas dan transportasi, dan cenderung mencari aman dan tidak ingin terlalu mencoba objek-objek wisata baru yang kurang terkenal.

Nah, kalau kamu salah satu yang termasuk dari tipe traveler jenis ini, Indonesia punya banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Bahkan beberapa di antaranya sudah mendapatkan reputasi internasional sebagai salah satu spot pariwisata terbaik.

Kamu bisa melihat keindahan pantai dan budaya di Bali dan Lombok yang memang sudah terkenal sebagai salah satu destinasi turis di Indonesia.

Masalah fasilitas dan transportasi? Nggak usah ditanya. Dua tempat ini jagonya.

Mulai dari hotel, motel, sampai guest house sudah menjamur. Begitu juga masalah transportasi.

Kamu bisa kedua tempat ini dengan berbagai pilihan transport yang tersedia.

Banyak juga pilihan-pilihan paket perjalanan yang murah dari para travel agent yang bisa kamu pilih.

Buat kamu yang suka wisata laut atau alam, datang deh ke Wakatobi dan Raja Ampat.

Memang sih ongkos untuk pergi ke dua tempat ini nggak murah. Namun keindahan laut dan alam di sini bahkan udah mendapat pengakuan dunia lho.

Wakatobi bahkan menjadi salah satu best spot terbaik di dunia untuk kegiatan menyelam.

Statusnya yang sering dikunjungi turis baik dalam negeri maupun luar negeri membuat dua tempat ini sudah lengkap untuk urusan fasilitas.

Kamu akan menemukan banyak fasilitas premium di kedua tempat ini dan yang pasti, keindahan alam yang memukau.

2. Kamu backpacker sejati? Di Indonesia, kamu bisa menjelajahi semuanya dengan anggaran serba murah

Seorang backpacker biasanya mengutamakan pengalaman dalam perjalanannya dan merencanakan perjalanannya sendiri karena bujet perjalanan yang terbatas.

Faktor kenyamanan menjadi tidak terlalu bermasalah, selama tujuan tercapai dan pengalaman didapat.

Kamu termasuk tipe ini? Jangan khawatir, Indonesia punya segudang tempat-tempat yang bisa kamu jelajahi dengan biaya murah.

Ingin wisata ke kota tapi duit cekak? Kamu bisa coba ke Yogya. Yogya sudah terkenal sebagai tujuan pariwisata bagi orang-orang yang ingin menikmati kesederhanaan. Kenapa?

Karena di tempat ini penginapan dan makanan bisa kamu dapatkan dengan harga yang murah. Banyak juga wisata budaya dan sejarah yang bisa dinikmati di kota ini.

Sebagai perbandingan, bila di kota-kota besar lain kamu bisa mendapatkan makanan enak dengan kisaran harga 10.000 – 50.000 rupiah, di Yogya kamu bisa mendapatkan makanan yang enak dimulai dari harga 5.000. Murah banget kan?

Harga penginapan pun rata-rata lebih murah dari harga-harga penginapan di kota lainnya.

Transportasi ke Yogya juga bisa ditempuh dengan kereta, yang tentunya semakin menghemat biaya.

Sebenarnya, hampir semua spot-spot pariwisata , terutama pariwisata alam di Indonesia bisa dijelajahi dengan harga yang murah.

Dengan catatan, kamu mau repot-repot mencari alternatif transportasi dan penginapan yang murah.

Untuk mencari informasi ini, kamu harus mau repot-repot riset di Google atau mencari info dari teman yang pernah kesana.

Dengan cara ini, kamu bisa pergi ke spot-spot pariwisata terkenal seperti Bali, Raja Ampat, ataupun Lombok dengan harga yang murah.

3. Kamu flashpacker? Berarti kamu punya lebih banyak tempat yang bisa dikunjungi di Indonesia

Apa sih flashpacker? Para flashpacker sebenarnya mempunyai kemampuan dana yang cukup, namun memilih untuk merencanakan detail perjalanannya sendiri.

Meskipun cukup fleksibel dalam hal anggaran, tapi para flashpacker tidak ingin menghabiskan anggarannya secara berlebih dan mementingkan pengalaman.

Flashpacker memilih jalan tengah antara turis dan backpacker. Gaya boleh turis, namun rencana anggaran perjalanan tetap diatur sendiri karena ingin memiliki kebebasan dalam hal waktu.

Buat tipe seperti ini, tempat-tempat yang dikunjugi pun bisa lebih fleksibel.

Mulai dari pegunungan yang menantang, kota-kota, sampai pantai dan lautan menjadi pilihan tempat berwisata yang asik dan bisa dijelajahi dengan anggaran yang tidak berlebih dan cukup.

Sebenarnya, mau gaya apapun cara travelingmu, Indonesia itu penuh objek-objek wisata yang keren dan unik.

Mulai dari kehidupan urban sampai pemandangan alamnya.

Banyak juga tempat-tempat indah yang masih belum banyak diekspos, tapi mempunyai panorama alam yang indah, seperti Derawan, pantai-pantai di NTB, dan lain-lain.

Belum lagi wisata budaya dan sejarah sepeti candi-candi, peninggalan kerajaan, maupun peninggalan masa perjuangan kemerdekaan.

Di Indonesia, semua lengkap!