Alasan Kenapa Traveling Cocok Buat Kamu yang Mau Move On

0
1780
Pantai Tanjung Aan, Lombok (Foto : Bello.id/Rafi)

Bello.id – Putus cinta merupakan sebuah pengalaman yang tidak menyenangkan. Walaupun berat, namun kamu harus bisa melewati hari-hari pasca-putus cinta.

Nah, traveling bisa jadi obat mujarab buat kamu mau mau cepat move on dari segala macam kegalauan. Ini alasannya.

  1. Melepaskan beban pikiran

Traveling bisa menjadi great distraction buat kamu dari lingkaran pikiran-pikiran tentang masa lalumu. Berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya memaksa pikiran kamu untuk berpikir tentang sekarang dan saat ini saja, bukan tentang masa lalu ataupun masa depan.

Ini bisa membantu kamu untuk cepat move on dan tidak terjebak memikirkan masa lalu yang tidak mungkin diulang.

2. Menambah kepercayaan diri

Habis putus bisa membuat harga diri dan kepercayaan diri berada di titik terendah. Perasaan tidak berharga atau tidak bisa hidup tanpa si dia biasanya berkecamuk di pikiran.

Kalau perasaan-perasaan ini ada di pikiran kamu pasca-putus, coba deh buat traveling sendirian. Sendirian banget? Iya, sendirian. Kenapa? karena solo traveling akan membuat kamu banyak melakukan keputusan-keputusan dan menghadapi kesulitan-kesulitan perjalanan seorang diri.

Ini pada akhirnya akan membuat kamu menyadari bahwa kamu bisa mandiri tanpa kehadiran dia. Kepercayaan diri meningkat, dan akhirnya kamu akan sadar bahwa kamu cukup berharga untuk menemukan pasangan lain yang lebih baik.

3. Refleksi terhadap diri

Kalau baru putus itu berasa ada bagian diri kita yang hilang begitu saja, terutama jika hubungan pacaranmu sempat berjalan lama. Jadi begitu berakhir, kayaknya kamu udah gak kenal diri kamu lagi saking keberadaan identitas diri kamu sudah menyatu dengan si dia.

Nah, traveling bisa membuat kamu mengenal diri kamu lagi dan apa sebenarnya yang benar-benar kamu inginkan dalam hidup.

Kenapa? Ya, karena kalau kamu traveling kamu keluar dari comfort zone kamu sehari-hari dan kamu bisa melihat sisi diri kamu yang lain yang berbeda dari keseharian kamu.

Kamu jadi menemukan hal-hal baru dalam diri kamu sekaligus menemukan kembali siapa diri kamu sebelum si dia datang dalam hidup kamu.

  1. Mengembalikan fokus hidup kamu ke hal-hal yang menyenangkan

Tempat baru. Orang-orang baru. Semua hal yang baru itu menyenangkan dan membuat kamu belajar banyak hal-hal yang menarik dan seru.

Ini membuat fokus pikiran kamu gak selalu bersedih dan membuat kamu melihat dunia luar. Bahwa masih banyak masalah yang lebih besar dan ada kehidupan lain di luar hubungan kalian.

Traveling membuat wawasanmu bertambah sekaligus membuat kamu terbuka terhadap perspektif-perspektif baru dalam hidup kamu. Dan yang pasti, fokus pikiran kamu gak ke hal-hal yang galau melulu. Malah ini bisa membuat kamu sadar bahwa masih banyak jalan menjadi bahagia.

Baca Juga

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Solo Traveling