7 Destinasi Liburan Keluarga yang Cocok untuk Libur Lebaran

0
2604
Ade Irma Suryani, Cirebon (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Libur lebaran merupakan momen yang pas untuk dihabiskan bersama keluarga tercinta. Di momen liburan ini banyak keluarga mencari pilihan tempat liburan yang cocok untuk keluarga.

Setiap kota punya tempat wisata andalannya sendiri. Ada apa saja?

  1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII masih menjadi tujuan wisata favorit keluarga untuk mengisi liburan Hari Raya Idul Fitri. Banyak acara yang sudah disiapkan, semuanya dirangkum di dalam kegiatan bertajuk “Idul Fitri di TMII-Serasa Pulang Kampung”.

Kamu bisa mendengarkan sajian musik dalam panggung musik keren “Koempoel Lebaran” ataupun tontonan unik berbagai kesenian rakyat. Nuansa agamis juga dibawa ke sini lewat “Gelar Tari Islami” yang diselenggarakan di Istana Anak-anak Indonesia.

  1. Jatim Park

Kamu yang berada di wilayah Malang, Batu dan sekitarnya memiliki banyak pilihan wisata ketika sudah memasuki area Jatim Park. Rasanya, apapun hiburan yang dibutuhkan dapat dipenuhi semua di sini.

Ada museum-museum yang menarik seperti Museum Satwa, Museum Angkut dan Museum Tubuh. Kebun binatang Batu Secret Zoo juga akan membuat kamu terkagum-kagum dengan koleksi hewannya yang sangat lengkap dan sehat. Wahana lain yang menjadi pilihan adalah Batu Night Spectacular dan Eco Green Park.

  1. Lawang Sewu

Destinasi Lawang Sewu telah dipugar dengan wajah baru, namun tetap mempertahankan keunikan bangunan pintu seribu ini. Meskipun terdiri dari beberapa lantai tapi hanya lantai dasar yang dibuka untuk umum.

Kamu bisa melihat bagaimana sejarah gedung ini sekaligus cerita-cerita pada zaman koloni di ruang-ruang di lantai dasar. Lapangan yang luas di bagian depan bangunan terkadang dijadikan berbagai pusat kegiatan.

  1. Dusun Bambu: Eagle Camp

Mungkin akan sangat menarik mengajak keluarga merasakan liburan yang berbeda di area perkemahan. Dusun Bambu yang terletak di Jl. Kolonel Matsuri Km 11, Situ Lembang, Bandung Barat, memfasilitasi liburan unik kamu di tengah-tengah alam sekaligus nuansa adat Bandung.

  1. Bali Bird Park

Mari berkunjung ke taman dengan koleksi burung endemik terbesar dan terlengkap. Bali Bird Park mengajak kamu melihat kurang lebih 1.000 koleksi burung dari 250 spesies yang didatangkan dari seluruh kepulauan Indonesia, Amerika Latin, Afrika dan Australia.

Segarnya alam Bali bisa kamu rasakan di sini, termasuk ketika kamu bersantap di restoran terbuka yang menyajikan masakan internasional. Pengalaman kamu juga diperkaya dengan menyaksikan film-film tentang keindagan burung di bioskop 4D.

  1. Susur Sungai Musi

Palembang menawarkan kamu liburan Hari Raya Idul Fitri menarik ke bukan taman rekreasi buatan, melainkan melihat bagaimana kehidupan di sepanjang Sungai Musi. Sewalah perahu tradisional untuk mengarungi sungai dan berhenti di beberapa destinasi seperti Pulau Kemaro, Kampung Arab dan Kampung Kapitan.

Untuk bersantap siang, ada beberapa warung makan di atas kapal yang bersandar di tepi sungai dan menyajikan makanan asli khas Palembang, seperti pekmpek dan pindang patin. Saat malam hari, jangan lewatkan berfoto dengan latar belakang Jembatan Ampera berhiaskan warna-warni cahaya.

  1. Waterland Ade Irma Suryani

Waterland tersebut berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 3 Hektar, terletak di Jalan Yos Sudarso, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Wisatawan yang datang ke tempat ini tidak hanya disuguhkan wahana air biasa, tetapi bisa menikmati berbagai suguhan menarik lainnya.

Saat ini, Cirebon Waterland Ade Irma Suryani menjadi salah satu ikon wisata di Cirebon yang tidak pernah sepi dari pengunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sumber : pesona.indonesia.travel