5 Tips Agar Itinerary Liburanmu Makin Keren

0
1192
(Foto : Shutterstock.com/MattiaATH)

Bello.id – Salah satu kunci keberhasilan saat melakukan perjalanan adalah menyusun rencana perjalanan atau itinerary dengan baik.

Pada dasarnya itinerary adalah daftar kegiatan serta estimasi biaya yang akan dikeluarkan saat perjalanan.

Itinerary mencakup daftar destinasi, jadwal per hari, akomodasi, transportasi, sampai keperluan lainnya seperti belanja oleh-oleh.

Bagi kamu yang ingin menjadikan momen liburan menjadi lebih sempurna, berikut adalah 5 tips menyusun itinerary yang baik:

  1. Berpikir realistis

Saat akan melakukan perjalanan, kamu mungkin akan tergiur untuk mengunjungi banyak obyek wisata.

Namun, cobalah untuk disesuaikan dengan waktu liburan, buat daftar tempat yang akan dikunjungi lalu urutkan berdasarkan skala prioritas.

Buku panduan perjalanan, peta, serta pendapat dari teman yang pernah pergi sebelumnya sebagai bahan pembelajaran dan pertimbangan dalam menyusun itinerary.

  1. Kumpulkan informasi tentang objek wisata

Setelah menentukan tempat-tempat yang akan dikunjungi, langkah selanjutnya adalah mencari informasi mengenai objek wisata tersebut.

Informasi ini bisa didapat dengan mudah dengan pencarian di internet.

Setelah semua informasi terkumpul, kemudian kelompokkan objek wisata berdasarkan letak area dan geografi yang sama.

Hal ini berguna dalam mengefisienkan waktu mobilisasi, dan menentukan moda transportasi yang paling tepat, mudah, dan terjangkau untuk mencapai objek wisata berikutnya.

  1. Buat itinerary dengan rinci

Susunlah itinerary secara terperinci dalam hal waktu.

Tentukanlah estimasi waktu tempuh menuju suatu objek wisata, waktu makan, beribadah, bahkan hal-hal yang tak terduga seperti kemacetan.

Hal ini berguna agar setiap objek wisata yang telah disusun dapat dikunjungi sesuai rencana.

  1. Simpan itinerary-mu lewat aplikasi

Di era teknologi informasi saat ini, berbagai situs dan aplikasi perjalanan mampu menyajikan informasi-informasi mengenai objek wisata yang akan dikunjungi.

Bahkan kamu juga memungkinkan untuk membuat itinerary secara online lalu secara otomatis akan dikirimkan melalui email.

Situs dan aplikasi tentang traveling biasanya juga memasukkan informasi lain yang terkait seperti peta, arah, bahkan perkiraan cuaca ke dalam itinerary.

  1. Buat waktu yang fleksibel

Itinerary pada dasarnya adalah sebuah rencana perjalanan yang terbaik. Namun, ada kemungkinan rencana yang kamu buat akan meleset.

Masukkan beberapa waktu kosong atau hari bebas ke dalam itinerary kamu.

Itinerary terbaik seringkali yang bersifat fleksibel. Hal-hal yang dapat dilakukan lainnya adalah merinci setiap detail perjalanan.

Hal ini berguna ketika kamu traveling ke luar negeri atau tempat terpencil.

Jangan lupa untuk menyiapkan versi cetak dari itinerary kamu. Ingat, tidak semua tempat memiliki akses internet dan baterai ponsel kamu bisa saja habis.

Jadi, sudah ada ide membuat itinerary untuk liburanmu selanjutnya?