3 Hari di Belitung Bisa Kemana Aja?

0
1663
(Bello.id/Nisa)

Bello.id – Apa yang terbayang dibenakmu begitu mendengar kata Belitung? Pasti yang terbayang adalah pantai dengan pasir putih dan batu-batu granit besar.

Ya, keduanya memang hal yang bisa kamu temui saat melakukan wisata ke Belitung. Pulau yang menjadi lokasi penggarapan film Laskar Pelangi ini menyimpan sejuta pesona yang sayang untuk dilewatkan.

Secara administratif, Pulau Belitung saat ini masuk ke dalam wilayah Provinsi Bangka Belitung yang baru resmi dibentuk pada tahun 2000. Sebelumnya, pulau ini menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Selatan.

Mie Atep Belitung (Bello.id/Nisa)
Mie Atep Belitung (Bello.id/Nisa)

Begitu sampai, wisata di Belitung mulailah dengan mencicipi Mie Atep Belitung. Mie Belitung unik, karena racikannya akan diletakkan di atas daun simpor sebelum dituang ke piring.

Dalam penyajiannya, mie ini disiram kuah udang serta ditaburi bakwan udang, irisan timun, potongan kentang rebus, udang rebus, emping melinjo dan tauge.

Tiba di Kota Tanjung Pandan, mulailah liburan hari pertamamu di Belitung dengan mengunjungi Belitung Timur. Di Belitung Timur, kamu bisa mengunjungi replika SD Muhammadiyah yang merupakan lokasi pengambilan gambar film Laskar Pelangi. Karena sekolah aslinya sudah tidak lagi berdiri, maka dibangunlah replika sekolahnya untuk kebutuhan film tersebut.

Nah, tak jauh dari sana kita dapat mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata. Di museum tersebut kita dapat memelajari perjalanan karya sastra Andrea Hirata. Museum kata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang liburan ke Belitung.

Tak hanya itu saja, bagi kamu penggemar kopi, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan mencicipi kopi racikan masyarakat Kota Manggar, kota yang dikenal dengan sebagai kota 1001 warung kopi. Tak jauh dari jejeran warung-warung kopi, kamu bisa melanjutkan soremu dengan mengunjungi Pantai Serdang dan Pantai Nyiur Melambai.

Pulau Lengkuas (Bello.id/Nisa)
Pulau Lengkuas (Bello.id/Nisa)

Liburanmu di Belitung belum lengkap jika belum mengunjungi Pulau Lengkuas. Ini bisa kamu lakukan di hari kedua. Pulau yang dapat ditempuh dalam waktu 20 menit dari Pantai Kelayang ini, punya peninggalan sejarah. Salah satu yang menarik adalah mercusuar di sana yang sudah berdiri tegak sejak 1882.

Memandangi Pulau Lengkuas dari atas mercusuar merupakan pengalaman yang sayang jika dilewatkan. Namun, kamu harus sedikit bersabar, karena untuk sampai ke atas mercusuar kita perlu menaiki 313 anak tangga. Keletihan kita menaiki tanggal akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan! Dari mercusuar kita bisa memandangi tumpukan batu-batu granit yang eksotis. Belum lagi gradasi warna laut yang sayang jika tidak diabadikan.

Puas melihat pemandangan dari mercusuar, kini saatnya kamu snorkeling di sekitar Pulau Lengkuas. Ikan-ikan cantik nan lucu siap menghibur kamu saat berenang di sini.

Oh iya, selain Pulau Lengkuas ada beberapa pulau kecil lainnya yang bisa kunjungi, seperti Batu Garuda, Pulau Batu Berlayar, dan Pulau Kepayang.

Pulau Kepayang (Bello.id/Nisa)
Pulau Kepayang (Bello.id/Nisa)

Di Pulau Kepayang, atau yang dikenal juga dengan Pulau Babi, kamu akan diajak menjumpai penangkaran penyu. Pulau ini juga menjadi spot yang pas banget untuk menyantap sajian makan siang sambil ditemani angin sepoi-sepoi. Rasanya pas!

Habis berkeliling pulau, ada lagi nih yang dapat kamu nikmati di Belitung. Siapa yang tidak pernah mendengar Pantai Tanjung Tinggi? Pantai ini juga masuk dalam salah satu lokasi pengambilan gambar film Laskar Pelangi lho.

Kamu bisa bermain dan berfoto di atas batu-batu granit raksasa di sini. Pantai ini juga menjadi lokasi yang pas buat menikmati pemandangan matahari terbenam. Siapkan kameramu dan mulailah menjepret!

Danau Kaolin (Bello.id/Nisa)
Danau Kaolin (Bello.id/Nisa)

Nah, di hari terakhirmu di Belitung kunjungilah Danau Kaolin. Danau dengan warna biru terang ini  terbentuk sebagai dampak dari penggalian timah. Puas berfoto-foto di sana, liburan ke Belitung dilanjutkan dengan mengunjungi Rumah Adat Belitung. Di sana kita dapat mengenal kebudayaan masyarakat Belitung lebih jauh.

Tak lengkap rasanya liburan di Belitung jika belum membawa buah tangan. Berbagai sentra oleh-oleh siap menyambutmu. Kalau penasaran, di Belitung kamu juga bisa mendatangi lagi pabrik pembuatan kerupuk ikan khas Belitung. Di tempat ini, kamu dapat menyaksikan bagaimana proses pembuatan kerupuk ikan. Menariknya, kamu dapat langsung membeli kerupuk ikan ini. Rasanya juara, harganya pun terjangkau!